NASA Sukses Daratkan InSight di Mars

    Ellavie Ichlasa Amalia - 27 November 2018 12:00 WIB
    NASA Sukses Daratkan InSight di Mars
    NASA sukses mendaratkan InSight di Mars. (AFP / AL SEIB)
    Jakarta: NASA berhasil mendaratkan pesawat InSight di Mars. Pendaratan itu terjadi pada 26 November pukul 11.54 pagi PT atau pada 27 November pukul 2.54 pagi WIB. Untuk mencapai Mars, InSight harus terbang melalui jarak 485 juta kilometer. Perjalanan ini dimulai di Southern California pada Mei.

    InSight adalah robot pertama yang mendarat di Mars sejak 2012, ketika rover Curiosity mendarat di Planet Merah. Namun, lain halnya dengan Curiosity yang memiliki roda, InSight tidak akan bergerak untuk menjelajah Mars. Sebagai gantinya, ia akan diam di satu tempat dan melakukan pengeboran untuk mencari tahu apa yang ada di dalam Mars, lapor CNET.

    "Ini sangat intens," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine. Pendaratan ini memang menegangkan, terutama pada enam menit yang diperlukan oleh InSight untuk menembus atmosfer Mars. Untungnya, InSight bisa mendarat dengan tanpa masalah menggunakan parasut.

    NASA Sukses Daratkan InSight di Mars

    Bridenstine adalah salah satu orang yang turun tangan dalam misi ini di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. Dia mendapatkan ucapan selamat dari Wakil President Amerika Serikat, Mike Pence.

    "Pencapaian yang sangat hebat," tulis Pence dalam akun Twitter resminya.

    Robot ini dilengkapi dengan peralatan untuk mendeteksi "gempa Mars" -- serupa gempa bumi, hanya saja terjadi di mars -- dan struktur internal dari Planet Merah.

    "Kita telah memelajari orbit dan permukaan Mars sejak 1965, mempelajari tentang cuaca, atmosfer, geologi, dan kimia pada permukaannya," kata Lori Glaze, Acting Director NASA Planetary Science Division.

    "Sekarang, kita akhirnya berhasil mencari tahu tentang apa isi Mars dan memperdalam pengertian kita tentang planet tetangga kita seiring dengan persiapan NASA untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa."

    Untuk memastikan kesuksesan misi ini dalam jangka panjang, InSight harus dapat mengaktifkan dua panel surya miliknya. InSight harus menunggu hingga debu dari pendaratan kembali tenang sebelum melakukan ini.

    Sayangnya, ketika panel surya telah membuka, satelit MarCO yang diluncurkan bersamaan dengan InSight dan Mars Reconnaissance Orbiter sudah keluar dari jarak pandang InSight. Jadi, NASA harus menunggu lima jam untuk memastikan bahwa panel surya InSight telah aktif tanpa masalah.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id