Tiongkok Mulai Pamer Foto Planet Mars Jelang Pendaratan

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Februari 2021 12:37 WIB
    Tiongkok Mulai Pamer Foto Planet Mars Jelang Pendaratan
    Foto hitam putih Planet Mars oleh wahanan antariksa Tiongkok, Tianwen-1. (CNSA)



    Jakarta: Ketiga misi antariksa menuju Planet Mars yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Tiongkok, dan Uni Emirat Arab yang meluncur pada pertengahan tahun lalu diprediksi akan tiba di tujuan pada bulan ini.

    Tiongkok termasuk yang akan melakukan misi serupa Amerika Serikat yaitu pendaratan di Planet Mars sementara Uni Emirat Arab punya misi pengamatan dan penelitian iklim Planet Mars dari garis orbit planet tersebut.

     



    Dikutip dari AFP, wahana antariksa Tianwen-1 yang masih terbang menuju Planet Mars mulai terus memberikan update terbaru termasuk salah satunya memamerkan foto hitam putih planet tersebut. Hal ini disampaikan oleh badan antariksa nasional Tiongkok, CNSA.

    Foto yang dipamerkan diambil dari jarak sekitar 2,2 kilometer sesuai dengan sisa jarak tempuh wahana Tianwen-1 menuju Planet Mars. Wahana orbiter dari Tianwen-1 diprediksi akan memasuki garis orbit Planet Mars pada 10 Februari sebelum melakukan persiapan mengirim robot pendaratan.

    Foto yang dihasilkan dalam warna hitam putih tersebut menampilkan lokasi yang diklaim peneliti sebagai Kawah Schiaparelli dan Kawah Valles Marineris. Di sini bisa terlihat kondisi geologi dari permukaan planet tersebut.

    Kendaraan ruang angkasa ini diperkirakan akan beroperasi selama 90 hari waktu Mars, yang sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan waktu di Bumi. Sebagai pengingat, Tianwen-1 diterjemahkan sebagai Pertanyaan Surgawi dan dinamai berdasarkan salah satu penyair terbaik Tiongkok, Qu Yuan.

    NASA sendiri memprediksi robot rover Perseverance akan mendarat di tanah Planet Mars pada tanggal 18 Februari dan melaju menuju Kawah Jezero untuk melakukan penelitian. Jadi Tiongkok dan Amerika Serikat akan melakukan penelitian di lokasi berbeda.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id