Lelehan Es Alaska Dapat Picu Mega Tsunami

    Lufthi Anggraeni - 20 Oktober 2020 16:50 WIB
    Lelehan Es Alaska Dapat Picu Mega Tsunami
    Pencairan gletser di Alaska dilaporkan berpotensi memicu tsunami besar.
    Jakarta: Kutub Bumi bagian utara dilaporkan mengalami kondisi mengkhawatirkan, sebagai dampak dari pemanasan global dan perubahan iklim Bumi yang kian memburuk. Pemanasan global dan perubahan iklim merupakan kontributor utama dari percepatan pencairan lapisan es di kutub utara, termasuk Alaska.

    Mengutip Science Alert, sekelompok ilmuwan telah memberikan peringatan menyoal peluang bencana mendatang pada bulan Mei lalu. Peringatan ini secara spesifik ditujukan kepada Alaska Department of Natural Resources (ADNR).

    Ilmuwan memperingatkan tsunami dahsyat berpeluang terjadi di Alaska yang dipicu oleh longsoran batu tidak stabil akibat pencairan gletser. Pencairan ini diperkirakan ilmuwan akan terjadi dalam kurun waktu dua dekade mendatang.

    Sejumlah ilmuwan mengungkapkan kekhawatirannya bahwa bencana ini akan terjadi lebih cepat, yaitu dalam kurun waktu 12 bulan mendatang. Sayangnya, ilmuwan belum mengetahui secara pasti cara dan waktu bencana tersebut akan terjadi.

    Ilmuwan juga memperkirakan bahwa pencairan gletser atau disebut dengan istilah glacier retreat di Prince William Sound sepanjang pantai selatan Alaska, akan berdampak pada lereng gunung di atas Barry Arm, yaitu sekitar 97 km di timur Anchorage.

    Sementara itu, analisis citra satelit menampilkan detik saat Barry Glacier longsor dari Barry Arm akibat proses pencairan secara konstan, dan bekas longsoran batu yang disebut scarp ini akan muncul di permukaan gunung di atasnya.

    Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tanah longsor telah terjadi di atas fjord secara bertahap dan bergerak lambat, namun jika permukaan batu memberi jalan secara mendadak, maka konsekuensi dari hal ini berpotensi mengerikan.

    Prince William Sound memang terletak di lokasi terpencil, namun merupakan lokasi yang kerap dilalui kapal komersial dengan tujuan untuk rekreasi, termasuk kapal pesiar.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id