Roket Misi ke Mars NASA Berhasil Melesat ke Angkasa

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 Juli 2020 20:07 WIB
    Roket Misi ke Mars NASA Berhasil Melesat ke Angkasa
    Roket Atlas V yang membawa rover NASA Perseverance melesat dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida. Amerika Serikat. (Flickr)
    Jakarta: Sesuai rencana peluncuran, tadi jam 18.50 WIB atau pukul 7.50 pagi di Amerika Serikat roket NASA bernama ULA (United Alliance Launch) Atlas V dari Space Launch Complex 41 berhasil melesat dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida.

    Roket ini akan memulai perjalanan misi antarika ke Planet Maes membawa robot rover Perseverance. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar tujuh bulan. Semua tahapan pelepasan bagian roket di luar atmosfer Bumi sudah berjalan sesuai rencana.

    Dikutip dari Space.com, proses ini dicatat berdasarkan waktu proses pelepasan setiap bagian roket hingga tersisa bagian utama Atlas V yang akan membawa rover Perseverance. NASA memperhitungkan bahwa rover akan mendarat di permukaan Planet Mars pada 18 Februari 2021.

    Kini di angkasa menuju Planet Mars sudah ada tiga roket yang masing-masing membawa misi penelitian di Mars yaitu Uni Emirat Arab, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Ketiganya memiliki sejumlah misi yang agak berbeda.

    Uni Emirat Arab akan mengirim orbiter atau sejenis satelit yang akan meneliti atmosfer Mars. Amerika Serikat mengirimkan rover Perseverance yang akan meneliti tanda kehidupan mikor organisme di planet tersebut. Tiongkok mengiri dua misi sekaligus yang sama seperti dua negara lainnya.

    Misi nirawak ke Planet Mars menjadi yanbg pertama bagi Uni Emirat Arab dan Tiongkok sementara ini menjadi yang ketiga kali untuk Amerika Serikat. Di tahun 2011 Tiongkok pernah mencoba mengirim orbiter ke Mars tapi gagal di tengah perjalanan menumpang roket milik Rusia.

    Penelitian di Mars yang dilakukan oleh tiga negara ini akan membuka babak baru misi antariksa manusia. Planet Mars ditargetkan menjadi salah satu planet yang bakal menjadi koloni Bumi alias bisa dihuni manusia di masa depan.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id