comscore

AREA31 Siapkan Datacenter, Beroperasi di Q1 2022

Cahyandaru Kuncorojati - 23 Januari 2022 11:04 WIB
AREA31 Siapkan Datacenter, Beroperasi di Q1 2022
Datacenter AREA31.
Jakarta: Bisnis data center semakin pesat seiring transformasi digital yang gencar dilakukan bisnis hingga badan pemerintah di Indonesia. Satu pemain di sektor ini yaitu AREA31 mengumumkan bahwa mereka juga sudah menyiapkan datacenter baru yang akan beroperasi pada kuartal pertama (Q1) 2022.

Datacenter yang berlokasi di Jalan Raya Tapos No. 31, Depok, Jawa Barat telah dibangun sejak bulan Juli 2019 dengan ukuran lahan 20.000 meter persegi. Lokasinya yang dekat dari kota Jakarta membuatnya coock menjadi datacenter utama maupun cadangan atau Disaster Recovery Center.
AREA31 menyiapkannya sebagai datacenter dengan konsep Purpose-Built Datacenter. Konsep ini diklaim berbeda dari datacenter pada umumnya, di sini digunakan konsep military bunker yang dilengkpai 8 High-Security Layers untuk menjamin keamanannya.

“Datacenter ini ditujukan untuk memenuhi lonjakan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar datacenter yang makin meningkat. Berbeda dengan konsep gedung datacenter pada umumnya, AREA31 mengusung konsep military bunker,” ujar VP of Sales AREA31, Yoke Tangkar.

“Datacenter ini juga memiliki diferensiasi unggul yaitu Naming Rights, dimana setiap pelanggan yang berlangganan 1 Data Hall dengan kapasitas 150 Rack, pelanggan dapat menyematkan brand atau company name sebagai identitas dari Data Hall tersebut,” tambahnya.

Datacenter AREA31 berkapasitas 10-Megawatt (MW) yang nantinya akan tersedia 8 Data Hall yang dapat mengakomodir 1.200 Rack. Proses pembangunannya dibagi menjadi 2 tahap, dimana saat ini sudah dilakukan proses pembangunan tahap 1 yang diperkirakan ready for service pada Q1 2022.

Di dalam bagian tersebut tersedia empat Data Hall yang dapat mengakomodasi 600 Rack. Datacenter AREA31 dilengkapi dengan komponen Elektrikal 2N, Cooling Infrastructure N+2 dan Generator Infrastructure N+1 dengan jaminan ketersediaan layanan 99,99%. 

Tidak hanya menyediakan Tier III Hyperscale Datacenter, AREA31 juga menawarkan area Rooftop seluas 1750+ Sqm sebagai fasilitas Telecommunication Port (Teleport). Fasilitas ini bisa dimanfaatkan bagi Satellite Communication Provider dengan kapaistas hingga tujuh unit antena berdiameter sembilan meter.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id