comscore

Jangan Kaget, XL Axiata dan First Media Kini Saudara

Cahyandaru Kuncorojati - 30 Januari 2022 12:04 WIB
Jangan Kaget, XL Axiata dan First Media Kini Saudara
Ilustrasi.
Jakarta: Pengguna internet seluler dan internet fiber alias rumah jangan kaget apabila ke depannya mendengar bahwa XL Axiata dan First Media menjalin kerja sama. Keduanya kini sudah menjadi saudara setelah XL Axiata membeli saham Link Net yang merupakan induk First Media.

Menurut informasi yang dirilis pada 28 Januari 2022, Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJB) untuk bersama-sama mengambil alih saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam PT Link Net Tbk (Link Net) yang dimiliki Asia Link Dewa Pte Ltd (ALD) dan PT First Media Tbk (FM).
Harga pembelian yang telah disepakati senilai Rp4.800 per saham biasa pada Link Net (saham Link Net) atau sekitar Rp8,72 triliun (setara dengan sekitar 2,55 milliar ringgit Malaysia (rencana pengambilalihan).

Axiata Group Berhan dan XL Axiata mencaplok 66,03 persen saham Link Net. Presein dan Group CEO Axiata, Dato Izzadin Idris menyebut langkah ini untuk mendorong akses layanan digital yang semakin luas di masyarakat dan bisnis.

“Selain menggandakan segmen yang berkembang pesat di salah satu pasar utama kami, investasi kami ke Link Net selaras dengan aspirasi Axiata untuk mendukung inklusi digital seiring dengan semakin berkembangnya masyarakat dan bisnis di wilayah Asia secara digital,” jelasnya.

Rencana pengambilalihan diklaim akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2022 dan akan menyesuaikan dengan perkembangan pemenuhan persyaratan untuk penyelesaian transaksi.

“Sinergi yang akan dibuka melalui kolaborasi dengan Link Net ini menghadirkan proposisi yang menarik mengingat hal ini menjadi kesempatan untuk menggabungkan kekuatan dalam konektivitas seluler, layanan broadband berbasis kabel, dan konten,” ungkap Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Link Net mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2000 dan sejak saat itu telah berkembang menjadi salah satu penyedia akses internet berkecepatan tinggi melalui jaringan tetap (high-speed broadband) dan TV kabel terkemuka di Indonesia, menjangkau 2,8 juta rumah di 23 kota dengan basis pelanggan sebesar sekitar 860.000.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id