DCI Indonesia Bangun Lokasi Kedua Hyperscale Data Center Campus

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juni 2021 14:23 WIB
    DCI Indonesia Bangun Lokasi Kedua Hyperscale Data Center Campus
    Ilustrasi data center. (Google)



    Jakarta: DCI Indonesia yang merupakan penyedia data center Tier IV pertama di Asia Tenggara mengumumkan langkah terbaru untuk menyediakan dukungan bagi industri data center di Indonesia. Mereka menyatakan sedang membangun fasilitas hyperscale data center campus keduanya.

    Lokasi kedua hyperscale data center campus milik DCI berlokasi di Kawasan Pertiwi Lestari Industrial Estate Karawang yang diberi nama H2. Saat ini proses pembangunan sudah memasuki tahap akhir pembangunan dan rencananya akan beroperasi di kuartal keempat tahun ini.

     



    “Kini DCI memiliki dua lokasi data center yakni di Cibitung dan Karawang dengan jarak diatas 30 kilometer, yang tentunya memiliki kualitas operasional global yang setara,” ungkap CEO DCI Indonesia, Toto Sugiri.

    “Dengan demikian, DCI mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan hyperscale data center campus dengan total kapasitas lebih dari 1000MW,” katanya.

    DCI Indonesia Bangun Lokasi Kedua Hyperscale Data Center Campus

    Di fasilitas keduanya DCI Indonesia akan mulai menggunakan renewable energy dalam mengoperasikan seluruh gedung data center. Mereka berharap industri data center Indonesia akan semakin tangguh dan siap bersaing secara global menyambut geliat ekonomi digital di Asia Tenggara yang ikut bertumbuh pesat.

    Data yang dikutip DCI Indonesia menyebutkan Indonesia berada di posisi teratas sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara di dua tahun terakhir.
     
    Mereka mengutip riset Google, Temasek dan Bain & Company yang menyebut nilai pasarnya diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi USD309 miliar pada tahun 2025, didorong oleh kebangkitan e-commerce, ride-hailing dan game online.

    "Peluang besar menanti di depan. Teknologi cloud yang tumbuh secara eksponensial seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi digital, menuntut operator data center untuk menyediakan infrastruktur yang siap melayani cloud," jelas Managing Director Structure Research, Philbert Shih.
     
    "Keuntungan ini tidak diragukan lagi akan mendorong permintaan dan pertumbuhan fasilitas hyperscale baru ini di Indonesia. Saat ini, Indonesia sudah memiliki DCI Indonesia untuk memenuhi permintaan dari hyperscalers yang akan masuk ke pasar," tambahnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id