Ini Daftar Smartphone 5G Buat Jajal Telkomsel 5G

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Mei 2021 16:08 WIB
    Ini Daftar Smartphone 5G Buat Jajal Telkomsel 5G
    Ilustrasi. (Android Authority)



    Jakarta: Kemarin pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kemarin sudah mengumumkan bahwa Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang pertama menyediakan 5G di Indonesia. Hal ini jadi momen penting karena menandakan Indonesia sudah memasuki era 5G.

    Meskipun begitu tahap awal 5G yang disediakan oleh Telkomsel hadir di layanan pita frekuensi 2,3Ghz yang secara rinci memberikan kesempatan bagi smartphone dengan dukungan band n40 di frekuensi 2,3GHz yang bisa terhubung. 

     



    Sayangnya tidak semua smartphone mendukung koneksi ini, kabarnya karena frekuensi 5G yang digunakan tersebut tidak umum digunakan di negara lain yang sudah menggelar layanan 5G lebih dulu.

    Telkomsel sendiri sejak hari ini telah menggelar layanan koneksi 5G di sejumlah titik tertentu. Di Jabodetabek hanya tersedia di kawasan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera. 

    Demi mempermudah konsumen untuk mencobanya, Telkomsel menyatakan pengguna kartu SIM Telkomsel tidak perlu melakukan penggantian alias cukup menggunakan kartu SIM 4G Telkomsel dan harus dipastikan bahwa smartphone yang digunakan mendukung 5G band n40.

    Berikut ini Medcom.id mengumpulkan informasi sejumlah smartphone 5G yang bisa merasakan koneksi 5G band n40 dari Telkomsel.

    1. Merek Samsung
    Tidak cuma smartphone high-end Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21 Plus 5G, dan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang bisa terhubung tapi seri menengah seperti Samsung Galaxy S21 5G juga bisa terkoneksi 5G Telkomsel.

    2. Merek Huawei
    Di Indonesia seri smartphone 5G Huawei yang sudah bisa terhubung ke 5G band n40 Telkomsel hanya Huawei Mate 40 Pro.

    3. Merek Oppo
    Oppo memiliki sejumlah smartphone 5G di Indonesia yang sudah bisa terhubung ke 5G band n40 Telkomsel yaitu Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro di seri high-end kemudian ada Oppo Reno5 5G di kelas menengah serta Oppo A74 5G.

    4. Merek Vivo
    Vivo juga sudah memiliki smartphone 5G yang bisa digunakan mencicipi 5G Telkomsel yaitu Vivo X60 Pro dan Vivo X60 serta Vivo V21 5G.

    5. Merek Apple
    Jajaran terbaru iPhone dari Apple dipastikan bisa langsung menikmati 5G Telkomsel di antaranya adalah iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

    Jumlah smartphone 5G yang bisa terhubung ke 5G band n40 Telkomsel memang masih tergolong sedikit namun dipastikan terus bertambah dari berbagai merek apabila vendor atau merek pembuatnya sudah menyediakan update ke sistem perangkat sehingga bisa mendukung (unlock) 5G band n40 Telkomsel.

    Beberapa smartphone 5G yang sudah dipasarkan di Indonesia juga ada yang fitur koneksi 5G di dalamnya masih dikunci makanya harus menunggu merek pembuatnya merilis update untuk membuka (unlock) koneksi 5G.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id