Apple Rancang dan Kirim Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

    Lufthi Anggraeni - 07 April 2020 08:00 WIB
    Apple Rancang dan Kirim Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis
    CEO Apple Tim Cook mendistribusikan alat pelindung wajah untuk tenaga medis sebagai tanggapan untuk COVID-19.
    Jakarta: CEO Apple Tim Cook menyampaikan update terkait respon perusahaannya terhadap krisis yang disebabkan oleh Covid-19. Dalam video yang diunggah via Twitter, Cook menyebut Apple telah mempersiapkan lebih dari 20 juta masker melalui rantai pemasok globalnya.

    Selain itu, Cook juga mengumumkan bahwa Apple bekerja sama dengan pemerintah untuk mendonasikan masker tersebut kepada pihak yang membutuhkan. The Verge melaporkan bahwa Apple juga meluncurkan inisiatif untuk menggandeng desainer, teknisi, tim operasional, tim pengemas, dan pemasoknya.

    Seluruh pihak ini digandeng Apple untuk merancang, memproduksi dan mengapalkan pelindung wajah untuk tenaga medis. Cook turut menampilkan salah satu alat pelindung wajah tersebut dalam video yang diunggah di Twitter itu.

    Pengapalan pertama alat ini disampaikan Apple ke fasilitas rumah sakit Kaiser di Santa Clara Valley pada pekan lalu, dan Cook mengklaim bahwa tanggapan dari dokter di rumah sakit tersebut sangat baik. Alat ini berjumlah seratus per kotak, dan dapat dirakit dalam waktu kurang dari dua menit dan dapat disesuaikan.

    Cook juga mengungkap bahwa alat tersebut terbuat dari bahan yang diperolehnya dari wilayah Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, dan diproduksi di kedua wilayah tersebut. Apple berencana untuk mengapalkan lebih dari satu juga alat pelindung tersebut pada akhir pekan ini, dan satu juta alat di setiap pekan selanjutnya.

    Hingga saat ini, Apple telah berupaya untuk mendistribusikan alat pelindung wajah ini di seluruh Amerika Serikat, namun berencana untuk memperluas cakupan wilayah distribusinya dalam waktu dekat. Cook menyebut bahwa fokus Apple saat ini adalah membantu dengan caranya yang unik.
     
    Selain itu, Cook juga menyatakan bahwa Apple terfokus untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari tenaga medis dan pada skala yang dibutuhkan oleh keadaan. Sebelumnya, Apple dilaporkan tengah dalam tahap penyelesaian pembelian perusahaan baru bertajuk NextVR, senilai USD100 juta (Rp1,6 triliun).

    NextVR memiliki aplikasi pratinjau yang dapat ditonton via iPhone atau perangkat Android, atau via alat menonton konten 360 derajat cardboard seperti Google Cardboard. Hal ini mendukung rumor yang menyebut Apple tengah mengembangkan perangkat Mixed Reality yang disebut oleh sejumlah media dengan nama Apple Glasses.

    Akuisisi NextVR pada tahun ini diperkirakan mengindikasikan bahwa Apple akan merilis Apple Glass pada tahun 2021 mendatang. Dan memiliki NextVR dinilai akan memberikan Apple konten eksklusif yang akan menarik perhatian konsumen.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id