Airome Technologies: Kompetisi Perbankan dan Fintech Menjadi Super-App

    Cahyandaru Kuncorojati - 31 Maret 2020 17:31 WIB
    Airome Technologies: Kompetisi Perbankan dan Fintech Menjadi Super-App
    Ilustrasi.
    Jakarta: Teknologi transaksi atau pembayaran digital di kawasan ASEAN dinilai semakin matang oleh perusahaan keamanan siber segmen finansial bernama Airome Technologies. Perusahaan ini baru saja hadir tahun lalu di Singapura dan Indonesia.

    CEO Airome Technologies, Denis Kalemberg memberikan penilaian tersebut berdasarkan masyarakat yang mulai terbiasa dengan aplikasi semacam ini. Layanan perbankan maupun fintech hadir melalui aplikasi yang kini juga dikenal sebagai super-apps.

    "Super-app sudah menjadi tren baru di manapun. Saat ini perusahaan seperti Grab dan Gojek hampir menjadi super-apps meskipun belum bisa menandingi WeChat," ungkap Kalemberg.

    "Di ASEAN semakin banyak penggunayang menyadari bahwa membeli tiket hiburan, membayar pajak, layanan dompet digital, dan memesan kurir pembelian obat bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi perbankan," jelasnya.

    Menurutnya hal ini mendorong munculnya pertanyaan, mengapa mereka lebih memilh mencari layanan tersebut di aplikasi perbankan ketimbang dari penyedia layanan langsung? Bagi Kalemberg alasannya sudah jelas, orang menginginkan sesuatu yang praktis untuk yang sesuatu yang mereka bayar atau inginkan.

    Ada beberapa tren yang dilihat oleh Kalemberg. Konsumen menginginkan pengalaman bertransaksi yang mudah hanya dengan dua kali klik. Layanan yang ada saat ini kesulitan memberikan solusi struktural bagi penggunanya.

    Kemudian solusi yang ditawarkan harus sesuai dengan kebiasaan atau haya hidup penggunanya. Menurutnya konsumen saat ini mencari interaksi dari aplikasi yang mereka gunakan, yaitu melakukan pembayaran dengan cepat, memilih dengan mudah dan singkat serta menemukan semua layanan dalam satu tempat.

    Benefit layanan seperti ini dilihat Kalemberg juga mulai dihadirkan tidak hanya layanan perbankan melainkan Fintech. Aplikasi layanan Fintech dilihat mulai menjadi sebuah super-app.

    "Bagaimanapun mengembangkan super-app mmebutuhkan investasi yang besar, sumber daya manusia yang mumpuni, waktu, dan banyak lagi. Kita juga harus menyadari cara aplikasi ini bisa mengembalikan biaya yang sudah dikeluarkan untuk membuatnya," jelas Kalemberg.

    Sementara metode B2B2C seperti perbankan yang menawarkan layanan pembayaran kepada pengguna dari ekosistem yang berbeda dinilai lebih tidak membutuhkan biaya yang besar.

    "Hal yang dibutuhkan perbankan adalah membuat API aplikasi mereka kemudian membebankan pengembangan layanan kepada developer dari super-app yang akan menjadi wajah toko yang berhubungan dnegan konsumen," beber Kalemberg.

    Padahal melihat cara tersebut, justru super-app atau aplikasi punya posisi yang lebih menguntungkan dari perbankan. Kalemberg menyatakan super-app lebih bisa membangun ikatan brand mereka.

    Terlepas dari perbankan maupun fintech yang terlihat seperti bersaing, bagi Kalemberg kemanan transaksi finansial antara kedua layanan tadi menjadi pertanyaan. Proses seperti login dan memasukan kata sandi, kode SMS (OTP) untuk layanan berbeda dalam satu ekosistem justru tidak memenuhi konsep seamless.

    Absennya keamanan di tingkat klien bisa mendatangkan risiko bencana yang besar. Satu-satunya jawaban atas tantangan ini adalah dengan menanamkan fungsi kriptografik dalam digital signature di aplikasi mobile. Hal ini yang juga menjadi produk atau layanan Airome Technologies.

    Kalemberg melihat bahwa masa depan super-app akan menjadi digital pipe yang memberikan semua informasi terkait penggunanya. Mulai dari kebiasan berbelanja, pergerakan dan komunikasi akan bisa dikumpulkan dan diolah oleh super-app.

    "Super-app akan bisa memprediksi kebutuhan kita dengan tepat, memprediksi problem yang kita temukan dan memberikan solusi terbaik," ucap Kalemberg. Semua data ini akan diolah analytical engine dan menghasilkan digital identity untuk setiap orang.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id