Mirip FaceApp, Aplikasi Tiongkok Terima Kecaman

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 September 2019 15:46 WIB
    Mirip FaceApp, Aplikasi Tiongkok Terima Kecaman
    Pengguna aplikasi Zao asal Tiongkok memasang wajahnya ke video film yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio.
    Jakarta: Satu lagi aplikasi mirip FaceApp yang menerima keaman terkait keamanan atau privasi data, aplikasi ini bernama Zao yang dirilis akhir pekan lalu di layanan iOS App Store tapi baru di Tiongkok.

    Aplikasi Zao menjadi viral seperti FaceApp karena mampu memodifikasi foto wajah penggunanya dan memasangnya ke wajah aktor atau aktris di sebuah film dengan bantuan teknologi manipulasi yang dikenal sebagai deepfake.

    Deepfake menggunakan kemampuan AI untuk memindai wajah seseorang dan menempelkannya ke wajah orang lain dalam sebuah video. Kemampuan deepfake di aplikasi Zao nyaris sempurna karena wajah penggunanya bisa meniru ekspresi wajah asli orang lain di dalam sebuah video.

    Dikutip dar The Verge, aplikasi yang sudah sangat viral tersebut dikecam karena tidak memberikan informasi detil mengenai data wajah yang mereka tampung dari penggunanya.

    Dalam kebijakan privasi data yang dicantumkan situs aplikasi Zao, developer menyebut bahwa aplikasi akan bisa memanfaatkan data pengguna yang diterima untuk kebutuhan developer secara gratis. Pernyataan ini yang kemudian disadari penggunanya dan memberikan ulasan negatif di App Store.

    Kecemasan pengguna terhadap privasi data mereka yang dimanfaatkan aplikasi Zao buatan Changsa Shenduronghe Network Technology jelas sama seperti nasib yang diterima FaceApp. Aplikasi Zao membutuhakn foto penggunanya untuk menghasilkan efek deepfake di sebuah video.

    Bahkan, untuk menghasilkan efek deepfake yang sempurna aplikasi Zao akan memintah pengguna mengunggah foto tiap bagian dari wajahnya. Di tangan yang salah, data tersebut bisa diolah untuk mengecoh teknologi facial recognition atau pemindah wajah.

    Lebih serius lagi, data wajah penggunanya bisa digunakan teknologi deepfake untuk menciptakan video palsu atau konten hoax. Dikutip dari sumber lain, pihak Zao telah memperbarui kebijakan privasi data mereka.

    Diklaim bahwa pengguna yang menghapus data dari aplikasi Zao juga akan menghapus data yang tersimpan di server Zao. Langkah ini juga masih sama seperti yang dijanjikan oleh FaceApp. Perbedaannya, masalah privasi data di FaceApp juga mendapat tekanan dari Amerika Serikat karena aplikasi ini berasal dari Rusia.

    Mengingat aplikasi Zao hanya ada di layanan iOS App Store khusus Tiongkok maka negara lain belom mencicipi fitur ini dan menyatakan kecaman yang sama terkait keamanan data pengguna aplikasi.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id