QRIM Express Gandeng Grab Bantu Pengiriman E-Commerce

    Lufthi Anggraeni - 22 Mei 2019 12:27 WIB
    QRIM Express Gandeng Grab Bantu Pengiriman E-Commerce
    Qrim Express mengumumkan kerja sama dengan Grab Express untuk layanan First Mile Last Mile.
    Jakarta: Qrim Express mengumumkan kerja sama dengan GrabExpress untuk layanan pengiriman dari lokasi asal ke lokasi tujuan yang terletak di wilayah lebih terpencil, atau disebut dengan istilah First Mile - Last Mile (FMLM Delivery).

    “Kami telah mencapai kesepakatan atas kontrak untuk kolaborasi pengiriman dan yang menunjukkan kedua belah pihak memaksimalkan potensi penyediaan layanan Qrim melalui aplikasi Grab,”ujar CEO Qrim Express Rahim Tahir.
    Melalui kerja sama ini, Qrim Express mengaku optimistis dapat mendukung integrasi layanan Grab, pembayaran OVO dan pengiriman layanan ini secara efisien, efektif dan lebih baik. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan ini.

    QRIM akan memanfaatkan armada GrabExpress untuk membantu proses pengiriman dari pelanggan ke warehouse QRIM dan dari warehouse QRIM langsung ke pelanggan.

    Keputusan kerja sama ini juga dilandasi oleh hasil riset yang dilakukan oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo).

    Asperindo memprediksi bahwa pada tahun 2019, jasa ekspedisi di Indonesia akan mengalami pertumbuhan sebesar 14,7 persen hingga 15 persen.

    Hal ini didukung oleh tren pengiriman logistik e-commerce Indonesia yang mengalami pertumbuhan sebesar 7,9 persen selama 2016 hingga 2021 setiap tahunnya.

    Layanan penjemputan yang disuguhkan dari kerja sama ini menggabungkan layanan mitra pengendara Grab, yang melayani tujuh kota di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makasar, Semarang.

    Kerja sama ini juga memungkinkan GrabExpress untuk memperluas jangkauan layanannya dan memungkinkan pengantaran ke lokasi lebih terpencil di tujuh kota utama. Saat ini, layanan GrabExpress telah tersedia di 160 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

    Qrim Express memanfaatkan sistem navigasi berbasis satelit GPS serta sistem operasi geografis GIS dalam menjalankan layanannya.

    Sistem tersebut dirancang untuk menangkap, menyimpan, menganalisis, mengelola, dan menyajikan semua data geografis, guna mempermudah menemukan mitra pengemudi Grab terdekat untuk mengambil kiriman.

    Sebagai informasi, Qrim Express akan menyortir paket sebelum dikirim dari stasiun lokal atau disebut dengan istilah spoke, jika lokasi pengiriman dan tujuan berada di daerah yang sama.

    Sementara itu untuk daerah yang berbeda, paket akan dikirim ke pusat pemrosesan paket atau hub untuk disortir bersama paket lainnya ke area tujuan yang sama. Setelah itu, paket akan dikirim kembali ke stasiun lokal (spoke), baru diantar ke tujuan oleh kurir.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id