20% Titik Wi-Fi Publik di Piala Dunia 2018 Tidak Aman

    Lufthi Anggraeni - 06 Juli 2018 14:36 WIB
    20% Titik Wi-Fi Publik di Piala Dunia 2018 Tidak Aman
    Kaspersky Lab melaporkan sebanyak 20 persen titik Wi-Fi publik di kota Piala Dunia 2018 tidak aman.
    Jakarta: Kaspersky Lab mengumumkan hasil penelitian terbarunya, menyebut bahwa sebanyak 7.176 dari sekitar 32.000 jaringan Wi-Fi publik di kota penyelenggara FIFA World Cup 2018 tidak menggunakan enkripsi lalu lintas data.

    Hal ini disebut Kaspersky Lab menimbulkan risiko keamanan bagi penonton ajang sepak bola tahunan terbesar itu, yang berkunjung dan menggunakan jaringan Wi-Fi di kota-kota tersebut.
    Kaspersky Lab turut menyampaikan temuannya yang didasarkan pada analisis titik Wi-Fi di 11 kota penyelenggara Piala Dunia FIFA 2018.

    Temuan tersebut menampilkan bahwa tidak semua titik akses nirkabel didukung oleh perlindungan keamanan via enkripsi dan algoritma otentikasi. Hal ini memungkinkan peretas mencegat lalu lintas jaringan dan mendapatkan informasi rahasia penggunanya.

    Sebagai informasi 11 kota penyelenggara Piala Dunia FIFA 2018 yang dimaksud oleh Kaspersky Lab tersebut yaitu Sarank, Samara, Nizhny Novgorod, Kazan, Volograd, Moskow, Ekaterinburg, Sochi, Rostov, Kaliningrad, dan Saint Petersburg.

    Pada temuan Kaspersky Lab tersebut, sebanyak tiga kota dengan presentase tertinggi jaringan Wi-Fi tidak aman. Ketiga kota tersebut adalah Saint Petersburg (37 persen), Kaliningrad (35 persen) dan Rostov (32 persen).

    Sementara itu, kota teraman yang disebutkan pada laporan Kaspersky Lab yaitu Saransk dengan persentase titik Wi-Fi publik tidak aman sebesar 10 persen, dan Samara sebanyak 17 persen dari titik Wi-Fi publik yang tersedia.

    Kaspersky Lab juga menyebut bahwa sebesar dua per tiga dari seluruh jaringan Wi-Fi publik di kedua kota tersebut menggunakan protokol Wi-FI Protected Access (WPA/WPA2), sebagai perlindungan lalu-lintas data di jaringannya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id