Ini Perbedaan Chrome OS dan Windows

    Lufthi Anggraeni - 30 Juli 2021 12:58 WIB
    Ini Perbedaan Chrome OS dan Windows
    Berikut perbedaan sistem operasi Chrome OS dan Windows.



    Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan 240 ribu laptop untuk pelajar di seluruh Indonesia. Namun, laptop yang dipilih Kemendibudristek ini menggunakan sistem operasi Chrome OS dan bukan Windows.

    Sebagai informasi, Chrome OS merupakan sistem operasi untuk laptop buatan Google yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, sedangkan Windows telah lebih lama dikenal oleh masyarakat, dan merupakan sistem operasi karya Microsoft yang diluncurkan pada tahun 1985.

     



    Selain berbeda produsen, Chrome OS dan Windows juga memiliki sejumlah perbedaan lain. Google mengumumkan Chrome OS sebagai sistem operasi yang menggunakan data pengguna dan aplikasi yang tersimpan di Cloud.

    Chrome OS juga merupakan sistem operasi berbasis kernel Linus, dan menggunakan peramban web Google Chrome sebagai antarmuka pengguna utamanya. Selain itu, Chrome OS dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C, C++, Javascript, HTML5, Phyton dan Rust.

    Sistem operasi Google ini hanya mendukung laptop pada seri Chromebook, dan tipe sistem targetnya adalah Chromebook, Chromebox, Chromebase dan tablet. Sementara itu, arsitektur komputer yang mendukung untuk sistem operasi ini adalah ARM, IA-32 dan x86-64, dan versi stabil terbaru dari Chrome OS adalah versi 75.0.3770.102.

    Chrome OS juga lebih ditujukan untuk mendukung kegiatan komputasi di ranah pendidikan, sebab berbekal aksesibilitas terintegrasi dan fitur keamanan untuk memperdalam koneksi ruang kelas, serta menjaga keamanan infomasi pengguna.

    Chrome OS memungkinkan pelajar untuk mengakses aplikasi, pengaturan dan lainnya dari berbagai perangkat, dan ditujukan untuk mempersiapkan pelajar dengan proyek kolaboratif yang memperdalam kemampuan digital.

    Selain itu, Chrome OS juga tersedia di berbagai Chromebooks yang ditujukan untuk mengakomodasi berbagai usia dan kemampuan belajar, dengan pengaturan terintegrasi dan aplikasi yang mudah digunakan untuk menghadirkan kenyamanan belajar.

    Merupakan bagian dari portofolio Google, Chrome OS juga terintegrasi dengan Google Workspace for Education, yang juga didukung oleh layanan konferensi video Google Meet, sehingga memudahkan kegiatan belajar jarak jauh.

    Sedangkan Windows dirancang untuk PC buatan seluruh perusahaan dan menargetkan workstation, Personal Computer (PC), media center, tablet dan sistem terintegrasi. Saat ini, sistem operasi ini juga termasuk Windows NT dan Windows IoT.

    Sebelumnya, sistem operasi ini juga termasuk Windows 9x, Windows Mobile and Windows Phone, namun ketiganya tidak lagi tersedia. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di PC.

    Selain itu, versi terbaru Windows untuk Personal Computer adalah Windows 10 dan arsitektur komputer yang mendukung Windows yaitu IA-32, x86-64, IA-64, ARM, Alpha, MIPS, dan PowerPC.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id