Lei Jun Janji Xiaomi 12 Smartphone Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Desember 2021 12:07 WIB
    Lei Jun Janji Xiaomi 12 Smartphone Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1
    Ilustrasi.



    Jakarta: Pengumuman chipset terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon Gen 1 yang merupakan nama baru untuk seri kelas tertinggi yaitu Snapdragon 800 Series telah dilakukan.

    Di kesempatan tersebut Qualcomm juga menyebutkan nama vendor atau produsen smartphone yang bersedia segera menggunakannya.

     



    Namun hal yang menarik adalah pendiri Xiaomi, Lei Jun, hadir langsung lewat sebuah video call dan menyatakan bahwa mereka akan jadi pertama di dunia menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

    “Saya ingin membagikan kabar bahagia bagi kalian semua, setelah beberapa bukan kerja sama antara teknisi Xiaomi dan Qualcomm. Xiaomi 12 akan menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1,” ungkapnya.

    Bagian video ini juga diunggah kembali oleh akun Twitter resmi Lei jun dengan handle @leijun. Video singkat tersebut berakhir tanpa petunjukan tanggal rilis Xiaomi 12 ke publik.
     
    Pihak Qualcomm sendiri berharap jajaran smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 mulai diproduksi akhir tahun ini. Namun melihat kondisi kelangkaan chipset saat ini maka dipastikan smartphone terbaru yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 baru akan dipasarkan tahun depan.

    Spesifikasi Xiaomi 12 sendiri masih sebatas rumor. Kabarnya smartphone high-end ini hadir dengan bezel layar yang semakin tipis serta resolusi 2K dengan refresh rate 120Hz. Bagian kameranya akan memiliki kemampuan 50MP dengan sensor Samsung maupun Sony.

    Meskipun begitu rumor yang kuat terdengar adalah Xiaomi 12 akan hadir dalam beberapa seri, serupa dengan seri high-end sebelumnya yang dirilis dalam beberapa varian spesifikasi. Xiaomi 12 dikabarkan juga tersedia dalam versi Xiaomi 12X.

    Chipset Snapdragon 8 Gen 1 diklaim memiliki peningkatan performa hingga 20 persen namun lebih hemat daya 30 persen dibandingkan seri Snapdragon 888. GPU Adreno terbaru di dalamnya disebut memiliki peningkatan kemampuan 30 persen dan efisiensi daya 20 persen dibandingkan seri sebelumnya.

    Snapdragon 8 Gen 1 disebut mampu mendukung smartphone memiliki refresh rate 144Hz di resolusi QHD Plus serta peningkatan frame rate lebih tinggi lagi tanpa konsumsi daya lebih besar dari versi terdahulu. Hal ini sebagai bagian peningkatan teknologi Snapdragon Elite Gaming.

    Smartphone yang menggunakan chipset ini juga bisa terhubung ke koneksi 5G serta WiFi 6 maupun WiFi 6E untuk koneksi lebih cepat. Di bagian kamera ada ISP terbaru yang mampu menangkap 4.000 kali lebih banyak data kamera dengan kecepatan 3,2 gigapiksel per detik.

    Kemampuan tersebut bisa diterjemahkan sebagai pengambilan foto 108MP tanpa jeda shutter, memasang tiga kamera 36MP untuk pengambilan gambar 30fps tanpa jeda shutter hingga 140 foto 12MP dalam satu detik.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id