Tiongkok Punya Paten Terbanyak Sepanjang 2019

    Lufthi Anggraeni - 09 April 2020 10:14 WIB
    Tiongkok Punya Paten Terbanyak Sepanjang 2019
    WIPO menyebut Tiongkok sebagai negara dengan pendaftar paten dengan jumlah terbanyak.
    Jakarta: World Intellectual Organisation (WIPO) telah merilis siaran pers, mengumumkan Tiongkok sebagai negara pendaftar paten dengan jumlah terbanyak terbanyak selama tahun 2019. Hal ini melengserkan Amerika Serikat dari posisi pertama sejak WIPO berdiri pada tahun 1978.

    Daftar 10 pendaftar teratas didominasi oleh empat perusahaan asal Tiongkok, dan enam di antaranya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi digital. Huawei menjadi perusahaan pendaftar paling aktif dengan 4.411 paten yang diterbitkan.

    Posisi setelahnya diikuti oleh Mitsubishi, Samsung, Qualcomm, dan Oppo. Menyoal teknologi, 8,7 persen dari pendaftaran paten secara keseluruhan merupakan paten di bidang teknologi komputer, 7,7 persen di bidang komunikasi digital, dan 7 persen dalam mesin elektrik.

    Selain paten, terdapat merek dagang yang juga disebut sebagai Madrid System dan desain industrial disebut sebagai Hague System. Pada kategori Madrid System, Huawei menjadi perusahaan dengan jumlah pendaftaran tertinggi sebanyak 131 dokumen terpisah.

    Sementara itu, Samsung menempati posisi pertama sebagai perusahaan dengan jumlah pendaftaran tertinggi pada kategori Hague System. Pengaruh teknologi dan penelitian asal Tiongkok juga dapat ditemukan di paten oleh institusi pendidikan.

    Universitas California mempertahankan posisi pemimpinnya dengan menerbitkan 470 dokumen, sedangkan dalam daftar lima teratas diisi oleh lembaga pendidikan asal Tiongkok. Lembaga tersebut termasuk Tsinghua University, Shenzhen University, dan South China University of Technology. 

    Sebelumnya, Huawei baru saja mengumumkan TV OLED pertamanya, bertajuk Vision X65, didukung panel OLED berukuran 65 inci dengan refresh rate 120Hz. HDR juga menjadi salah satu keunggulan yang dihadirkan Huawei pada TV ini.

    Huawei mengklaim panel layar TV cerdas OLED pertamanya ini dapat mencapai kecerahan hingga 1.000 nits. Huawei juga menyebut bahwa layar terbesar karyanya ini juga berbekal sertifikasi kesehatan mata dari German TUV Rheinland.

    TV cerdas ini juga berbekal 14 speaker dengan output hingga 75W, diklaim Huawei akan mampu menyuguhkan pengalaman menonton terbaik. Huawei Vision X65 juga didukung mekanisme kamera pop-up pada rangka TV.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id