YouTube Music Kini Bolehkan Unggah Musik

    Lufthi Anggraeni - 22 Februari 2020 09:06 WIB
    YouTube Music Kini Bolehkan Unggah Musik
    YouTube Music menambahkan salah satu fitur unggulan Google Play Music.
    Jakarta: Google kembali melakukan langkah lanjutan untuk menyatukan dua layanan streaming musik karyanya, yaitu Play Music dan YouTube Music. Google berencana memindahkan seluruh pelanggan Play Music ke YouTube Music.
     
    Namun untuk mencapai tujuannya tersebut, perusahaan berbasis di Mountain View, California ini harus melewati beberapa titik pencapaian. Pencapaian pertama yaitu menambahkan seluruh fitur yang mencegah pengguna Play Music dengan suka rela berpindah ke YouTube Music.
     
    Sebagai contoh, kemampuan untuk mengunggah koleksi musik di Google Play Music tidak hanya melestarikan seluruh lagu milik pengguna, namun juga akan memungkinkan pengguna untuk mengirimkannya ke YouTube Music.
     
    Kini, YouTube Music menggulirkan satu dari sejumlah fitur yang paling banyak diminta pengguna, yaitu kemampuan untuk mengunggah musik. Seluruh pengguna kini dapat mengunggah lagu dan album mereka, dan mendengarkannya saat dalam perjalanan.
     
    Google menawarkan pengguna YouTube Music dua cara untuk mengunggah musik dari komputer, yaitu dengan melakukan gestur drag file dari permukaan apapun ke music.youtube.com atau mengunjungi music.youtube.com dan klik gambar profil pengguna, lalu unggah musik.
     
    Sayangnya, tidak satupun dari metode ini yang dapat digunakan di ponsel. Saat ini, belum mungkin mengunggah musik pengguna dari aplikasi mobile YouTube Music. Di sisi lain, fitur baru ini mendukung format file paling populer di industri musik, termasuk FLAC, M4A, MP3, OGG, dan WMA.
     
    Kemampuan ini juga memungkinkan musik yang pengguna unggah untuk hanya diputar oleh akun mereka, bahkan jika pengguna merupakan anggota dari paket berlangganan keluarga dan berbagi daftar putar yang diunggah dengan pengguna lain.
     
    Selain itu, Google juga mengumumkan akan segera menawarkan fitur untuk memenuhi keinginan pengguna terhadap metode untuk memindahkan perpustakaan Play Music secara mulus. Raksasa mesin pencarian ini juga mengonfirmasi bahwa Google Play Music akan tetap sama untuk saat ini.
     
    Google juga menyebut bahwa akan mengumumkan kepada seluruh pengguna, jika perusahaannya berencana untuk menggantikannya dengan YouTube Music.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id