Google dan Microsoft Adu Lengkap Buat Informasi Penyebaran Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Maret 2020 11:08 WIB
    Google dan Microsoft Adu Lengkap Buat Informasi Penyebaran Virus Korona
    Tampilan tracker Covid-19 dari Microsoft Bing.
    Jakarta: Pandemi virus Korona dilihat sebagai peluan bagi perusahaan teknologi untuk menunjukan sisis positif layanan mereka dalam memberikan informasi terkait hal tersebut. Namun, hal ini juga tetap tidak bisa menghapuskan persaingan di antara perusahaan.

    Google dan Microsoft dikabarkan sedang membuat layanan tracking atau pemantauan persebaran virus Korona. Masing-masing layanan tentunya akan membeli kelebihan dari segi fitur atau informasi yang bisa disediakan. Microsoft dilaporkan menyediakan tracker pada layanan Microsoft Bing.

    Dikutip dari ZDnet, layanan mesin pencarian milik Microsoft ini menyediakan sebuah dashboard untuk melihat persebaran virus Korona secara real-time di seluruh dunia khususnya kawasan Amerika Serikat. Layanan ini bisa diakses lewat bing.com/covid di peramban internet.

    Data yang dimiliki tracker Covid-19 Microsoft Bing berasal dari agregasi data milik lembaga WHO, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat, dan ECDC (European Center for Disease Prevention and Control).

    Pengumuman pengembangan layanan dari Microsoft Bing ini diberikan semalam yaitu jeda dua hari setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan Google sedang mengerjakan proyek yang sama khusus untuk warga negara tersebut.

    Google sendiri mengembangkan layanan serupa di tangan anak perusahaannya yang fokus di dunia kesehatan bernama Verily. Layanan milik Google bukan hanya tracker dan agregasi berita terkait virus Korona. Mereka juga menyediakan informasi lokasi pusat kesehatan setempat untuk pengujian virus Korona.

    Presiden Donald Trump mengklaim bahwa Google sudah menyiapkan 1.700 teknisi IT untuk mengelola layanan ini. Mereka akan menguji coba proses screening atau diagnosis awal berbasis online untuk warga Amerika Serikat. Mereka yang punya kemungkinan besar terpapar virus akan diarahkan untuk melakukan pengujian kesehatan langsung di fasilitas terdekat.

    Cara ini dinilai bisa menekan penyebaran virus Korona akibat keramaian yang terjadi di rumah sakit atau fasilitas kesehatan apabila semua orang berebut untuk melakukan tes kesehatan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id