Intel Umumkan Thunderbolt 4

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Juli 2020 16:51 WIB
    Intel Umumkan Thunderbolt 4
    Ilustrasi.
    Jakarta: Intel semalam mengumumkan kehadiran teknologi baru yang bakal menggantikan kehadiran port Thunderbolt 3 yaitu generasi terbarunya bernama Thunderbolt 4. Meskipun membawa kecepatan transfer yang masih sama, Intel mengklaim banyak fitur baru di sini.

    Thunderbolt 4 masih menyediakan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, sama seperti Thunderbolt 3. Namun Intel mengubah konfigurasi kemampuannya menjadi semakin canggih. Mereka melipat gandakan prasyarat kinerja minimum.

    Thunderbolt 4 akan bisa mendukung penyaijan dua buah tampilan atau display beresolusi 4K sekaligus maupun satu display resolusi 8K. Di sini juga ditawarkan kemampuan PCIe hingga 32Gbps yang bisa mendukung kecepatan penyimpanan data hingga 3000Mbps.

    Kemampuan kabel Thunderbolt 4 diklaim Intel juga bakal hadir dalam kabel dengan panjang hingga dua meter tanpa membutuhkan repeater sinyal. Intel menjanjikan kemampuan ini mendukung koneksi kabel universal. Makanya teknologi baru ini diklaim melengkapi fitur yang bisa antarmuak USB 4.0.

    Intel Umumkan Thunderbolt 4

    Kecanggihan Thunderbolt dijelaskan Intel bakal mulai hadir pertama kali di keluarga prosesor Intel Tiger Lake alias Generasi ke-11 yang bakal diperkenalkan di akhir tahun 2020. Mereka menegaskan bahwa teknologi ini bisa mendukung desain laptop yang semakin tipis dan ringan.

    "Thunderbolt memberikan konsumen dengan standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, membantu memajukan pengalaman komputasi dan memenuhi janji USB-C dengan kesederhanaan, kinerja, dan keandalan," tutur General Manager of Client Connectivity Division Intel, Jason Ziller.

    Intel juga memastikan bahwa nantinya di setiap laptop yang bermitra akan tersedia minimal satu port Thunderbolt 4 yang bisa digunakan untuk mengisi daya atau charger. Kabel atau aksesori dengan konektivitas Thunderbolt 4 tetap akan berfungsi dengan Thunderbolt 3.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id