Google Assistant akan Gantikan Bixby di Smartphone Samsung

    Lufthi Anggraeni - 29 Juli 2020 18:38 WIB
    Google Assistant akan Gantikan Bixby di Smartphone Samsung
    Samsung dilaporkan dalam tahan negosiasi dengan Google, salah satunya berpeluang menggantikan Bixby dengan Assistant.
    Jakarta: Penjualan smartphone yang rendah akibat pandemik Covid-19 memaksa Samsung untuk mengambil langkah ekstrem. Samsung dilaporkan kini tengah bernegosiasi dengan Google untuk kesepakatan penting.

    Kesepakatan tersebut akan memberikan Google lebih akses ke smartphone Samsung. Menurut laporan baru Bloomberg, Samsung siap untuk menawarkan Google lebih banyak kendali terkait pencarian pada ponsel Galaxy.

    Salah satu aspek dari kesepakatan tersebut terfokus pada asisten digital karya kedua perusahaan, yaitu Google Assistant dan Bixby. Informasi lebih detail masih dirahasiakan karena negosiasi masih dalam proses pembahasan.

    Laporan terbaru tersebut juga menyebut bahwa asisten digital Google dan Play Store akan dipromosikan pada perangkat Galaxy, artinya Bixby mungkin akan digantikan oleh Google Assistant. Kedua perusahaan ini telah berkomentar menyoal hal ini, meski tidak mengungkap banyak informasi.

    Perwakilan Google menyebut bahwa Samsung bebas untuk menciptakan toko aplikasi dan asisten digital karyanya, dan bahwa Google berbincang secara reguler dengan mitra terkait cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan Google tidak memiliki rencana untuk mengubah hal tersebut.

    Di sisi lain, Samsung mengonfirmasi bahwa pihaknya tetap berkomitmen terhadap ekosistem dan layanan karyanya. Namun di saat bersamaan, Samsung juga menegaskan bahwa pihaknya menjalin kerja sama erat dengan Google dan mitra lain untuk menawarkan pengalaman mobile terbaik untuk pengguna.

    Jika kesepakatan ini disepakati, Samsung akan mendapatkan kompensasi besar karena memberikan izin kepada Google untuk mempromosikan asisten digital dan Play Store karyanya di perangkat Galaxy. Google telah membayar bayar uang kepada Apple untuk menjadi mesin pencarian default di peramban web Safari yang terpasang di perangkat iOS.

    Hal serupa diperkirakan akan menjadi bagian dari kesepakatan antara Google dan Samsung. Sebelumnya, Samsung dilaporkan mengukuhkan jalannya untuk menjadi bagian dari rantai pemasok kamera bagi Apple.

    Samsung Electro-Mechanics akan memasok lensa untuk kamera iPhone 12, secara spesifik yaitu lensa 6P. Sedangkan pada tahun 2021 mendatang, Samsung Electro-Mechanics akan memasok lensa 5P dan 7P untuk iPhone 13 series.

    Sementara itu, Google mengumumkan pengguna kini dapat memainkan game di layanan gaming cloud Google Stadia di smartphone Android melalui konektivitas 4G dan 5G. Namun, pengguna harus menyetujui untuk menjadi bagian dari eksperimen.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id