comscore

XL Axiata Perkuat Jaringan Hadapi Trafik Layanan di Ramadan dan Lebaran

Cahyandaru Kuncorojati - 29 Maret 2022 10:22 WIB
XL Axiata Perkuat Jaringan Hadapi Trafik Layanan di Ramadan dan Lebaran
Menara BTS. (XL Axiata)
Jakarta: XL Axiata merilis informasi tahunan terkait persiapan mereka menyambut trafik layanan telekomunikasi jelang bulan Ramadan hingga momen Lebaran atau Idul Fitri. Informasi terbaru yang diterima diklaim bahwa XL Axiata telah mengambil sejumlah langkah untuk memperkuat jaringan layanannya.

Penguatan jaringan data perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran. Apalagi, dengan adanya pelonggaran dari pemerintah seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, mobilitas masyarakat juga akan meningkat.
“Trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, akan meningkat. Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali dibandingkan hari normal,” tutur Direktur & Chief Technologies Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Dia memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran. Optimalisasi jaringan juga akan dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas  masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Optimalisasi dan penguatan jaringan layanan akan berfokus ke jalur dan titik vital selama bulan Ramadan hingga liburan Lebaran. XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi. 

Setiap tahun tentunya teknologi semakin maju, yang diterapkan oleh smartphone dan gadget terbaru. Semakin canggih gadget, semakin banyak fitur dengan kemampuan yang semakin baik, yang membuat nyaman pengguna, dan pada akhirnya meningkatkan penggunaan data.

“Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal,” jelasnya.

XL Axiata juga akan masih mengerahkan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Di kesempatan ini XL Axiata juga akan menyediakan sejumlah promo di layanannya menyesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan pelanggan seluler, terutama di momen mendatang.

XL Axiata mengklaim di akhir tahun 2021 jaringan mereka telah tersebar di 34 provinsi, total 458 kota/Kabupaten. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara.

Total sebanyak 162 ribu BTS, di antaranya 77 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani 57,9 juta pelanggan.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id