ASUS Pamer Teknologi Display Stream Compression

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Juni 2019 11:31 WIB
    ASUS Pamer Teknologi Display Stream Compression
    Monitor gaming ASUS.
    Jakarta: Di E3 2019 ASUS ROG memamerkan satu monitor gaming yang sebelumnya tidak diperkenalkan di ajang Computex 2019. Namun,bukan produk monitornya yang dipamerkan melainkan teknologi baru hasil inovasi ASUS.

    ASUS memamerkan teknologi bernama Display Stream Compression (DSC) ke sebuah monitor gaming ASUS ROG berukuran 43 inci yang belum diketahui namanya. ASUS menjelaskan bahwa teknologi DSC belum pernah diciptakan oleh merek manapun.

    Teknologi Display Stream Compression dijelaskan mampu meningkatkan kemampuan video input atau resolusi pada monitor gaming ke depannya. Teknologi kompresi ini membuat proses transfer sinyal video kualitas UHD tidak lagi memerlukan dua koneksi DisplayPort.

    Kini hanya cukup satu koneksi Display Port yang dibutukan untuk menyediakan kualitas UHD. Artinya Display Stream Compression memiliki kecepatan transfer sinyal video yang sudah sangat cepat sehingga video yang disajikan memiliki resolusi sekaligus refresh rate tinggi.

    Disebutkan ASUS Display Stream Compression bisa menyajikan resolusi 4K dengan refresh rate 144Hz dengan sangat halus dan cepat mengandalkan koneksi satu DisplayPort 1.4 tanpa chroma subsampling.

    ASUS mengklaim teknologi ini akan sangat mempermudah penggunanya. Selama ini dibutuhkan dua koneksi DisplayPort ditambah konfigurasi di driver yang sangat rumit. Kondisi ini kerap membuat konten kualitas HDR dan variabel refresh rate saat bermain game tidak didapatkan.

    ASUS menjanjikan bahwa ke depannya teknologi Display Stream Compression akan dihadirkan ke semua jajaran monitor ASUS ROG. Sementara produk yang dipamerkan di E3 2019 akan menjadi monitor gaming pertama dengan teknologi tersebut. ASUS sendiri belum menyebutkan nama seri produk ini.

    Produk ini disebutkan juga akan membawa kemampuan AMD Radeon FreeSync 2 HDR yang akan mensinkronisasi kualitas gambar monitor dengan frame rate yang dihasilkan oleh GPU di kartu grafis. Fitur ini akan menghilangkan efek stuttering dan screen tearing di kualitas grafis yang disajikan.

    Ditambah monitor terbaru ASUS ROG ini akan memiliki 90 persen coverage color gamut dari CDI-Pe dan VESA DisplayHDR 1000. Hasilnya kualitas warnayang diproduksi akan sangat gelap di warna hitam dan sangat terang di warna cerah atau menyajikan akurasi warna yang sangat tinggi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id