Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Desember 2019 16:05 WIB
    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo
    ASUS ZenBook Pro Duo.
    Jakarta: Kemarin ASUS akhirnya resmi membawa dua laptop dengan desain tercanggih saat ini ke Indonesia. Pertama kali diperkenalkan di Computex 2019 Taipei, Taiwan, bulan Mei lalu kini ASUS ZenBook Pro Duo UX581 dan ZenBook Duo UX481 yang punya layar ganda sudah bisa dijual di Indonesia.

    Meskipun keduanya sama-sama menjagokan layar ganda tapi sebenarnya ada banyak fitur dan spesifikasi yang membuat keduanya berbeda. Berdasarkan penamaannya, ASUS ZenBook Pro Duo UX581 jelas lebih canggih dengan embel "Pro". Namun, apa saja perbedaan keduanya?


    1. Ukuran layar utama dan ScreenPad Plus
    Layar utama ASUS ZenBook Pro Duo lebih menawan karena menggunakan panel OLED resolusi 4K (3840 x 2160) ukuran 16,6 inci serta rasio layar ke bodi 16:9, sangat memanjakan mata. Ditambah layarnya mendukung touchscreen.

    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    ScreenPad Plus yang disediakan berukuran 14 inci dengan resolusi 4KH UHD. Tampilan di layar utama dan ScreenPad Plus tidak akan terasa berbeda. Ditambah, ScreenPad Plus ASUS ZenBook Pro Duo mendukung penggunaa stylus, pas untuk desainer grafis atau ilustrator.

    Beralih ke ASUS ZenBook Duo, ukuran layarnya lebih kecil yaitu 14 inci resolusi FHD (1920 x 1080). Demikin juga dengan ukuran dan resolusi ScreenPad Plus yang lebih kecil 12,6 inci resolusi FHD. Fitur touchscreen hanya di area ScreenPad Plus, ditambah tidak mendukung penggunaan stylus.


    2. Pilihan Prosesor dan Kartu Grafis
    ASUS ZenBook Pro Duo menyediakan dua opsi prosesor yang lebih tinggi yaitu dari Intel Core i9-9980HK dan Core i7-9750H, sementara ASUS ZenBook Duo hanya menyediakan versi Intel Core i7. Sudah umum diketahui bahwa seri Intel Core i9 saat ini menjadi seri prosesor desktop consumer tertinggi di pasar.

    Di sisi kartu grafis juga tidak kalah penting. Kemampuan multitasking dari prosesor akan mengandalkan kemampuan kartu grafis menampilkan aplikasi yang berkaitan dengan pengolahan gambar atau video.

    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    ASUS ZenBook Pro Duo menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB. Pada ASUS ZenBook Duo, digunakan NVIDIA GeForce MX250 2GB. 

    Kedua laptop ini menggunakan Microsoft Windows 10 Home atau seri Windows 10 Pro dan mendukung fitur keamanan face recognition Windows Hello.


    3. Kapasitas RAM
    RAM juga menjadi faktor penting dalam laptop, memberikan ruang untuk bernafas bagi laptop saat membuka banyak aplikasi atau software serta sistem yang berjalan di belakangnya.

    ASUS ZenBook Pro Duo menyediakan RAM kapasitas maksimal 32GB dengan kecepatan frekuensi yaitu DDR4 2666MHz. Sementara ASUS ZenBook Duo menggunakan RAM LPDDR3 kecepatan 2133MHz dengan kapasitas maksimal 16GB.

    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    Bagaimana dengan kapasitas memori internal? Keduanya sama-sama menyediakan opsi SSD PCIe x4 kapasitas 1TB dan pilihan SSD PCIe x2 kapasitas 512GB atau 256GB.


    4. Antarmuka atau I/O Port
    Kebutuhan I/O Port juga masih menjadi perhatian. ASUS ZenBook Duo di sini memiliki lebih banyak I/O Port padahal ketebalan bodinya masih lebih tipis dibandigkan ASUS ZenBook Pro Duo yaitu 19mm berbanding 24mm.

    ASUS ZenBook Duo menyediakan masing-masing satu port USB 3.1 Gen2 Type-C, USB 3.1 Gen2 Type-A, dan USB 3.1 Gen1 Type-A. Kemudian ada port Standard HDMI, audio combo jack, dan MicroSD card slot.

    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    Beralih ke ASUS ZenBook Pro Duo menyediakan satu port Thunderbolt 3 USB Type-C, dua USB 3.1 Gen2 Type-A, port HDMI, dan audio combo jack. Jadi tidak ada MicroSD card slot. Bobot laptop ini juga sedikit lebih berat, yaitu bobot umum sekitar 2,5kg sementara ASUS ZenBook Duo 1,8kg.

    5. Layout Touchpad
    Pada bagian touchpad sebetulnya terdapat perbedaan yang akan kurang disadari. ASUS ZenBook Pro Duo menggunakan touchpad ASUS NumberPad yaitu bisa menyediakan numpad di atasnya dengan LED yang menyala.

    Hal ini juga ditandai dengan tidak adanya tombol klik kanan dan kiri di bawahnya. Sementara ASUS ZenBook Duo tidak menyediakan ASUS NumberPad dan menyediakan tombol klik kanan dan kiri.

    Perbedaan ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo

    Di atas adalah lima perbedaan kedua laptop ini. Fitur lainnya masih sama. Misalnya dukungan konektivitas WiFi tercepat yaitu WiFi 6 802.11ax dengan fitur WiFi dan koneksi Bluetooth 5.0. Selain itu tersedia mikrofon dengan Cortana dan Alexa, serta audio sertifikasi Harman Kardon.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id