Rataan Pengunjung Bulanan E-Commerce Indonesia Q3 2019 - Medcom

    Rataan Pengunjung Bulanan E-Commerce Indonesia Q3 2019

    Mohammad Mamduh - 22 Oktober 2019 13:51 WIB
    Rataan Pengunjung Bulanan E-Commerce Indonesia Q3 2019
    Ilustrasi
    Jakarta: Laporan Google Temasek 2019 menyebutkan pengguna internet di Asia Tenggara tahun ini meningkat menjadi 350 juta pengguna dari 90 juta pengguna pada 2015.

    Dinamisnya perkembangan internet di regional turut memengaruhi pertumbuhan industri e-commerce yang meningkat hingga 4 kali lipat sejak 2015, menurut iPrice. Tiga unicorn terbesar di regional yakni Tokopedia, Lazada dan Shopee diklaim sebagai e-commerce yang tumbuh berkali lipat sejak 2017.

    Untuk mengetahui seberapa besar perkembangan e-commerce di Indonesia  pada kuartal III ini, iPrice merangkum olahan data jumlah kunjungan bulanan versi desktop dalam Map of Ecommerce Indonesia.
     
    iPrice berkolaborasi dengan perusahaan analisis data Similar Web untuk mengelola data rataan jumlah kunjungan bulanan versi desktop di 50 platform e-commerce Indonesia.
     
    1. Data pada kuartal ini berasal dari jumlah kunjungan Juli-September 2019. Penurunan dan peningkatan rangking pemain e-commerce yang selalu terjadi setiap kuartal menunjukan betapa kompetitifnya pasar e-commerce di Indonesia. Peringkat 5 teratas tidak banyak penurunan.

    E-commerce lokal seperti Tokopedia, Bukalapak dan Blibli dan pemain regional Lazada dan Shopee masih konsisten menduduki peringkat 5 besar seperti pada Q2 2019.

    Sedangkan untuk peringkat 6 hingga 10 diduduki oleh JD ID, Bhinneka, Sociolla, Orami, Ralali. Ralali yang terhitung pendatang baru sejak Q4 2018 berhasil masuk peringkat 10 besar untuk pertama kalinya.
     
    2. Tokopedia masih menduduki peringkat pertama dengan rataan kunjungan bulanan versi desktop terbanyak pada kuartal ini. Total rataan kunjungan bulanan versi desktop Tokopedia yaitu sebanyak 65.953.400. 15 persen lebih unggul dari Shopee yang kali ini menduduki peringkat runner-up untuk rataan pengunjung bulanan versi desktop.

    Pada kuartal sebelumnya Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama dengan total 29% market share dari pengunjung desktop bulanan. Bisa disimpulkan untuk kuarter ini Tokopedia mengalami penurunan 4 persen market share dari rataan total pengunjung bulanan versi desktop.
     
    3. Shopee yang baru-baru ini menunjuk Ronaldo sebagai brand ambassador mengalami peningkatan sebanyak 3 persen dari total market share kunjungan bulanan versi desktop. Pada kuartal sebelumnya Shopee hanya memiliki 19persen market share, kini meningkat menjadi 21 persen. Total pengunjung Shopee pada kuartal ini yaitu sebanyak 55.964.700. Pada kuartal sebelumnya Shopee juga mengalami peningkatan total jumlah pengunjung sebanyak 16 juta.

    4. Kedua e-commerce lokal berlabel unicorn menembus 5 besar kunjungan bulanan versi desktop terbanyak di Indonesia. Jumlah pengunjung desktop Tokopedia dan Bukalapak diikuti Blibli konsisten menduduki peringkat 5 besar sejak Q3 2018 hingga Q3 2019.

    5. JD.ID yang sebelumnya berada di peringkat delapan kini berhasil menduduki peringkat 6, yang sebelumnya diduduki oleh Orami. Total pengunjung desktop bulanan JD ID yaitu 5.524.000. 
     
    6. Ada dua e-commerce khusus kecantikan yang aktif beroprasi di Indonesia, yaitu Sociolla dan Sephora. Sociolla sebagai salah satu e-commerce kecantikan lokal mendapat peningkatan jumlah kunjungan bulanan versi desktop terbesar hingga 94 persen sejak Q3 2018.

    Untuk peringkat pengunjung bulanan versi dekstop Sociolla kembali berada di peringkat 8 setelah sebelumnya sempat berada di peringkat 11 pada Q2 2019. Sedangkan Sephora, e-commerce khsusus kecantikan internasional yang mempunyai total 2.600 toko tersebar di 34 negara, kali ini naik 8 peringkat setelah sebelumnya berada di peringkat 38.  
     
    Berbeda dengan Map of E-commerce sebelumnya, kali ini iPrice mengaplikasikan filter untuk memperjelas pemisahan antar katergori fashion, kosmetik, umum, teknologi dan lainnya. Pada Q3 2019 ini iPrice mengklasifikasikan ada 16 e-commerce khusus fashion di Indonesia. Zalora, Sophie Paris, Mapemall, Berrybenka, Hijup, Bro.do, Bobobobo, Mamaway, Hijabenka, Sorabel, Weshop, Orori, Maskoolin, Tees, Muslimarket, 8Wood.

    Zalora dan Sophie Paris masih menduduki peringkat teratas sebagai e-commerce fesyen di Indonesia dengan total rataan kunjungan desktop bulanan masing masing 2.804.100 dan 1.004.100.

    Sedangkan Hijup masih memimpin market share untuk fashion e-commerce khusus muslim dengan total 227.100 kunjungan bulanan versi desktop.
     
    E-commerce dengan kategori umum menjadi yang menyerap tenaga kerja terbanyak. Ada tujuh perusahaan e-commerce di Indonesia dengan total tenaga kerja di atas 1.000 orang.

    Tokopedia 3.431 pekerja, Shopee 3.225, Mapemall 3.170, Bukalapak 2.651, Lazada 2.372, Blibli 1.559 dan JD ID 1.048.  Khusus untuk e-commerce regional seperti Shopee dan Lazada data didapatkan dari total jumlah karyawan regional.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id