Super Nightscape realme 3 Pro Kalahkan Ponsel dengan Kamera 48MP - Medcom

    Super Nightscape realme 3 Pro Kalahkan Ponsel dengan Kamera 48MP

    M Studio - 30 April 2019 16:41 WIB
    Super Nightscape realme 3 Pro Kalahkan Ponsel dengan Kamera 48MP
    realme 3 Pro
    Jakarta: Sejak awal keberadaan ponsel, kamera selalu menjadi pusat perhatian yang seakan menentukan seperapa layakah sebuah ponsel untuk dimiliki.

    Memang tidak semua orang mahir atau sering menggunakan fitur-fitur kamera di ponselnya. Namun rasanya segan jika konsumen harus membeli ponsel dengan performa kamera yang buruk.
     
    Resolusi kemudian menjadi pertimbangan dalam menilai kamera. Awam dipercayai bahwa jika resolusi yang besar akan mengarah ke kualitas foto yang lebih baik. Sebenarnya tidak sepenuhnya salah, sebab resolusi yang besar otomatis akan berujung pada ketajaman sebuah foto yang lebih baik. Terlebih jika tujuannya ingin dicetak dalam ukuran besar.
     
    Di pasaran kini ada sejumlah ponsel pintar, seperti dari Xiaomi, yang menawarkan hasil foto dengan resolusi hingga 48MP. Ukuran yang sangat besar yang dihasilkan sebuah modul kamera kecil di dalam bodi ponsel.
     
    Namun dalam perjalanannya, teknologi terus menyempurnakan hasil foto dalam hal lain ketimbang sekadar resolusi besar. Konsumen pun mulai paham bahwa resolusi besar saja tidak cukup untuk memuaskan hasrat fotografi mereka.
     
    Tantangan terbesar dalam mengambil foto dengan ponsel adalah saat dihadapkan pada lingkungan rendah cahaya atau redup.

    Dengan ukuran modul yang kecil, memang seharusnya tidak pantas untuk membandingkan hasil foto kamera ponsel dengan kamera profesional dalam hal ini. Dengan kecanggihan teknologi terlebih adanya kecerdasan buatan (AI), hasil foto dari kamera ponsel kini bisa menyamai dan mampu memberikan hasil bagus meski rendah cahaya.
     
    Ada sejumlah ponsel di pasaran kini yang dilengkapi dengan fitur pengambilan foto redup cahaya, salah satunya adalah realme 3 Pro.

    Melalui pengolahan perangkat lunak dan dibantu dengan AI, kini hasil foto dalam lingkungan redup dan menghasilkan berkualitas rendah bisa disulap menjadi foto malam hari yang jernih dan bebas noise.
     
    Pengguna juga tidak harus direpotkan dengan mengatur konfigurasi kamera secara manual, seperti ISO, untuk bisa melakukan hal tersebut.

    Di realme 3 Pro, terdapat mode bernama “Nightscape”. Penggunanya cukup memilih mode tersebut dan menekan shutter kamera dan menunggu tiga detik, lalu akan dihasilkan foto di lingkungan redup yang memanjakan mata.
     
    Dalam penggunaan sehari-hari, mode semacam ini akan menjadi lebih dibutuhkan. Kondisi di mana pengguna tidak melulu berada di lingkungan dengan cahaya yang cukup saat ingin mengabadikan gambar.

    Terlebih bagi pengguna yang masih beraktifitas setelah matahari terbenam. Resolusi besar memang menarik, namun sebenarnya hitungan belasan megapiksel saja sudah cukup. Lebih dari itu resolusi terasa tidak berfaedah.
     
    Lagipula hasil foto 48MP masa kini masih berupa gabungan dari beberapa foto beresolusi 12MP. Ini karena untuk hasilkan resolusi besar maka akan membutuhkan ukuran modul yang lebih besar.

    Suatu hal yang dihindari oleh para manufaktur, yang mayoritas ingin ciptakan ponsel ringkas dan tidak menyusahkan pengguna.
     
    Selain itu, dibutuhkan dukungan dari sisi chipset jika ingin benar-benar menghasilkan foto resolusi 48MP murni. Ambil contoh Redmi Note 7 yang menggunakan Snapdragon 660. Chip yang satu ini tidak mendukung besaran resolusi hingga 48MP secara bawaan, oleh karena itu masalah ini diakali dengan menggabungkan beberapa foto.
     
    Bukan berarti resolusi 48MP tidak penting, hanya saja untuk sekarang terlalu hijau untuk mengadopsinya. Sehingga, fokus ke kemampuan penangkapan gambar dalam lingkungan rendah cahaya lebih tepat untuk menjadi pertimbangan dalam menilai kamera pada sebuah ponsel.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id