MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Maret 2019 16:03 WIB
    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer
    Ilustrasi.
    Jakarta: Game FPS (first person shooter) seperti Counter Strike dikenal membutuhkan respons cepat pemain. Siapa yang responsnya cepat memiliki peluang lebih baik membidik dan menembak musuh.

    Prinsip ini juga berlaku di game battle royale yang tengah populer, yaitu PUBG, Fortnite dan lainnya. Game ini juga masih menyajikan game tembak menembak bergaya FPS. Genre tersebut baru ini menjadi salah satu riset dari NVIDIA.
    Hasil riset NVIDIA membuktikan bahwa penggunaan kartu grafis terbaik dan monitor dengan refresh rate tinggi akan sangat berpengaruh. Disebut NVIDIA bahwa gamer tersebut akan memenangkan banyak game.

    Sekilas mungkin pembaca akan mengira ini hanya bagian dari marketing NVIDIA agar konsumen membeli kartu grafis terbaik sekaligus termahal. Demikian juga dengan monitor gaming yang memiliki refresh rate tinggi. NVIDIA mencoba menjelaskannya dengan bukti bicara dengan bukti.

    Kartu grafis tinggi mampu menyajikan kualitas grafis terbaik sekaligus framerate yang sangat tinggi. Efeknya, hasil gambar sangat tajam dan pergerakannya halus, ditambah output game di monitor akan cepat alias latensinya rendah.

    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer

    Di sisi monitor, spesifikasi refresh rate sekaligus frame rate tinggi juga dibutuhkan. Spesifikasi ini biasa ditemukan pada monitor gaming. Jadi output game dari diolah oleh kartu grafis dan ditampilkan ke monitor membutuhkan waktu singkat.

    Hasil grafis yang tidak patah-patah dan latensi rendah membuat gamer mungkin bisa lebih dulu membidik musuh ketimbang gamer lain yang menggunakan kartu grafis rendah dan monitor bukan gaming.

    Menurut NVIDIA, patokan framerate terbaik saat ini bukan lagi 60fps, melainkan 144fps. Sementara monitor terbaik memiliki refresh rate mulai dari 144Hz hingga 240Hz.

    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer

    Dahulu beredar pandangan bahwa mata manusia tidak akan bisa membandingkan grafis dengan frame rate 30fps dan 60fps. Hal ini tidak benar, apabila Anda sudah menjajal framerate 60fps atau lebih dan kembali bermain di 30fps diklaim NVIDIA perbedaannya sangat terasa.

    Kemudian bagaimana NVIDIA mengetahui efek dari kartu grafis terbaik dan monitor dengan refresh rate tinggi berpengaruh kepada gamer? NVIDIA melakukan pengamatan pada tingkat keberhasilan Kill & Death (K/D) Ratio seorang gamer di game PUBG dan Fortnite.

    Indikator ini memperlihatkan keberhasilan gamer menghabisi musuh. Terbutki bahwa dengan kartu grafis tertinggi dan monitor terbaik tingkat K/D Ratio seorang gamer sangat tinggi.

    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer

    Pembaca mungkin berpikir mereka yang hebat dengan K/D Ration tinggi pasti merupakan gamer yang menghabiskan banyak waktu berlatih atau bermain. NVIDIA menemukan fakta yang berbeda.

    Pemain yang baru bermain tapi dengan kartu grafis tinggi juga bisa mampu memiliki tingkat K/D Ration tinggi di awal permainannya. Misalnya di lima jam pertamanya. Berbeda dari pemain yang juga baru tapi menggunakan kartu grafis rendah.

    NVIDIA: VGA dan Monitor Pengaruhi Kemampuan Gamer

    Artinya, selain kemampuan dari gamer performa hardware yang digunakan tetap menentukan faktor penting dalam permainan. NVIDIA menyebutkan bahwa teknologi kartu grafis terbaru mereka ditambah teknologi NVIDIA G-Sync di monitor gaming mampu memberikan performa terbaik.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id