Layanan Ini Kecurian 600 Server Penambang Bitcoin

    Ellavie Ichlasa Amalia - 04 Maret 2018 11:34 WIB
    Layanan Ini Kecurian 600 Server Penambang Bitcoin
    Ilustrasi. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)
    Jakarta: Sebuah grup pencuri asal Islandia telah membawa kabur ratusan server untuk menambang bitcoin.

    Para pencuri itu tidak hanya mencuri 600 server untuk menambang bitcoin, tapi juga 600 kartu grafis, 100 prosesor, 100 power supply, 100 motherboard dan 100 pasang memori komputer.

    Sebanyak 11 orang dilaporkan telah berhasil ditangkap. Sementara setidaknya dua orang telah ditahan. Namun, para polisi belum bisa menemukan satu pun barang yang dicuri, menurut laporan CNET.

    Pencurian ini terjadi antara akhir Desember dan awal Januari. Dilaporkan, kejadian tersebut tertangkap kamera pengawas Advania, perusahan server yang menjadi korban pencurian dua kali dari tiga pencurian.

    Advania memang menawarkan para pelanggannya komputer untuk menambang bitcoin. Dan tampaknya, komputer itulah yang tercuri. Menurut Associated Press, jumlah kerugian akibat pencurian perangkat komputer ini mencapai hampir USD2 juta (Rp27,5 miliar).

    "Ini adalah pencurian dalam skala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Komisioner Kepolisian, Olafur Helgi Kjartansson. "Semua bukti menunjukkan bahwa ini adalah kejahatan yang terencana."

    Polisi kini tengah melacak konsumsi energi di seluruh Islandia dengan harapan para pencuri ini mengaktifkan komputernya, maka akan ada peningkatakan konsumsi listrik di tempat mereka berada. 

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id