Review Smartwatch

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Lufthi Anggraeni - 17 April 2021 09:39 WIB
    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna
    Xiaomi Mi Watch Lite, mengusung desain elegan dan fitur elegan, namun dipasarkan dengan harga terjangkau.



    Jakarta: Lebih dikenal oleh konsumen Indonesia sebagai produsen smartphone, Xiaomi juga menelurkan berbagai produk elektronik lain untuk memenuhi kebutuhan konsumen, atau disebut sebagai produk ekosistem.

    Salah satu produk terbaru yang diluncurkannya di Indonesia adalah Mi Watch Lite. Smartwatch yang ditawarkan dengan harga terjangkau ini mengunggulkan berbagai fitur pintar yang diklaim bermanfaat bagi pengguna, serta baterai berdaya tahan lama.






    Selain itu, Xiaomi juga mengunggulkan desain yang diusung Mi Watch Lite, yang juga sama elegan dengan desain usungan smartwatch berharga tinggi. Lantas, bagaimana pengalaman penggunaan yang ditawarkannya? Simak ulasan kami berikut ini.

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Menyoal desain, Xiaomi Mi Watch Lite hadir dengan desain layar berbentuk persegi, mendukung tampilan pengguna saat mengenakannya. Dimensi smartwatch ini juga tergolong mungil, sehingga tampil menyenangkan untuk dilihat saat digunakan oleh pengguna dengan pergelangan tangan kecil.

    Selain itu, bobot perangkat ini juga tergolong ringan, seberat 35 gram, mendukung kenyamanan saat digunakan, sebab menimbulkan kesan bahwa kami tidak tengah menggunakannya. Xiaomi Mi Watch Lite juga hadir dengan tali berbahan karet lembut, mendukung kenyamanan saat digunakan dalam jangka waktu lama.

    Sebab bahan tali Mi Watch Lite tidak menimbulkan rasa gatal terutama saat digunakan untuk mendampingi aktivitas yang menyebabkan kami berkeringat. Meskipun demikian, Xiaomi juga memungkinkan Anda untuk mengganti tali Mi Watch Lite ini dengan opsi lain yang disediakannya, meski dijual secara terpisah.

    Selain layar sentuh berbentuk persegi, bodi Xiaomi Mi Watch Lite hadir dengan bezel berukuran tergolong tebal, terutama di bagian atas dan bawah, menyebabkan layar jam tangan berpanel TFT ini terkesan lebih kecil. 

    Namun, layar jam tangan cerdas karya Xiaomi ini hadir dengan ukuran 1,4 inci dan resolusi 300 x 300 piksel, sehingga konten pada layar tampil lebih mulus dan tergolong jelas. Layar Mi Watch Lite ini hanya mampu menampilkan konten di layar dalam waktu singkat, meski hal ini dapat diperpanjang melalui menu pengaturan.

    Sayangnya, layar Mi Watch Lite ini tidak didukung lapisan pelindung, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya, atau menempelkan lapisan anti gores yang dapat dibeli secara terpisah.

    Pada bodi bersudut lebih membulat ini, Mi Watch Lite hanya berbekal satu tombol untuk mengakses menu. Dan di bagian belakang layar, Anda akan menemukan sensor detak jantung dan pin penghubung charger untuk mengisi daya baterai.

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Sementara itu, mendukung kesan sporty tali jam tangan ini, Xiaomi juga membekali Mi Watch Lite dengan fitur tahan air bersertifikasi 5 ATM, memungkinkannya dibawa serta ke dalam air hingga kedalaman 50 meter.

    Sayangnya, Xiaomi tidak membekali Mi Watch Lite dengan fitur Always-On Display, sehingga Anda perlu menggerakan pergelangan tangan atau mengetuk layar setiap kali ingin melihat waktu pada layar jam tangan cerdas ini.

    Layar Mi Watch Lite juga kurang responsif, karena kami menemukan layar jam agak lambat dalam merespon sentuhan jari, serta animasi yang tidak terlihat mulus. Kami juga menemukan jeda antara sentuhan dan aksi yang dilakukan oleh jam, termasuk saat menggulirkan layar atau menekan tombol menu.

    Meskipun demikian, hal ini tidak mengganggu kenyamanan saat kami menggunakan jam tangan cerdas ini. Xiaomi Mi Watch Lite juga berbekal fitur GPS terintegrasi dan sensor pemantau detak jantung optikal.

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Sebagai informasi, fitur GPS yang digunakan Mi Watch Lite adalah GPS+Glonass, GPS yang tidak terhubung. Kehadiran GPS ini lebih memudahkan pelari dalam melacak aktivitas olahraga mereka, terutama dengan akurasi yang tergolong baik, meski tidak mewah.

    Selain fitur tersebut, Xiaomi Mi Watch Lite juga berbekal sejumlah mode olahraga lainnya, termasuk lari dalam ruangan, treadmill, trail running, bersepeda dalam dan luar ruangan, berenang di air terbuka, berenang di kolam renang, cricket, hiking, dan olahraga gaya bebas.

    Xiaomi juga membekali Mi Watch Lite dilengkapi dengan fitur pelacak tidur, berkemampuan melacak total waktu tidur, kedalaman, keringanan dan REM tidur. Selain itu, fitur ini juga memberikan nilai berdasarkan hasil deteksi tidur dari 0-100.

    Untuk menggunakan Mi Watch Lite, Anda perlu menginstal aplikasi pendamping Xiaomi Wear pada iPhone atau smartphone Android. Aplikasi ini berfungsi sebagai dashboard, menampilkan data yang diperoleh jam, serta untuk mengatur serta menambah konten pada jam.

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Aplikasi ini hadir dengan antarmuka pengguna sederhana dan tergolong jelas, serta memungkinkan Anda mengunduh lebih banyak Watchface atau tampilan untuk layar jam tangan, meski saat ini, pilihan watchface pada aplikasi ini belum terlalu banyak.

    Pada watchface tertentu, Anda dapat mengatur konfigurasi tampilan untuk menampilkan informasi berbeda termasuk menampilkan detak jantung, persentase baterai, hingga jumlah langkah. Namun, Mi Watch Lite tidak mendukung penginstalan aplikasi pihak ketiga sehingga fungsi jamnya terbatas hanya pada fitur bawaan perangkat.

    Xiaomi Mi Watch Lite juga berbekal kemampuan untuk menampilkan notifikasi dari smartphone terhubung, dan Anda dapat menyentuh notifikasi untuk mengetahui isi notifikasi secara lebih detail, meski tidak dapat ditindaklanjuti.

    Sayangnya, notifikasi antara Mi Watch Lite dan smartphone kurang tersinkronisasi dengan baik, sebab notifikasi tetap muncul di salah satu perangkat saat di perangkat lain telah dihilangkan. Karenanya, Anda perlu menghapus notifikasi yang tidak lagi diperlukan baik di kedua perangkat.

    Xiaomi Mi Watch Lite, Terjangkau, Trendi, Berguna

    Xiaomi Mi Watch Lite juga tidak memungkinkan Anda untuk menjawab telepon dari perangkat, meski menyediakan tombol untuk menolak panggilan telepon masuk. Anda juga dapat mengendalikan pemutaran musik yang dimainkan dari aplikasi seperti Spotify di smartphone terhubung dari jam tangan ini.

    Menyoal baterai, Xiaomi mengklaim Mi Watch Lite mampu bertahan selama hingga sembilan hari dengan satu kali pengisian daya, yang juga terbukti selama pengujian kami. Baterai perangkat ini juga hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengisi daya dari 10 persen hingga 100 persen.

    Kesimpulan
    Xiaomi Mi Watch Lite mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang baik, berkat dukungan berbagai fitur bermanfaat serta desain yang nyaman dan bobot ringan saat digunakan dalam jangka waktu lama.

    Namun menurut kami, daya tahan baterai Mi Watch Lite tergolong singkat, mengingat konsumen saat ini memiliki mobilitas tinggi dan kerap jauh dari soket listrik. Selain itu, performa yang terasa sedikit lambat serta tanpa dukungan fitur Always On Display turut menjadi hal yang kami sayangkan dari jam tangan cerdas ini.

    Meskipun demikian, segala kekurangan dan kelebihan tersebut dapat kami maklumi karena perangkat ini dipasarkan seharga Rp899.000.
     
     
    8.2
    Xiaomi Mi Watch Lite
    Plus
    • Desain elegan
    • Fitur tergolong lengkap
    • Antarmuka pengguna sederhana
    • Aplikasi pendamping mudah digunakan
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Layar tanpa lapisan pelindung
    • Tanpa Always-on-Display
    • - Daya baterai tergolong singkat


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id