Perbandingan Data Pengguna yang Dikumpulkan Whatsapp

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Januari 2021 15:32 WIB
    Perbandingan Data Pengguna yang Dikumpulkan Whatsapp
    Ilustrasi. (Getty Images)
    Jakarta: Kebijakan baru WhatsApp yang terkait berbagi data pengguna bersama Facebook yang masih satu grup di bawah naungan Facebook Inc jadi bahan percakapan netizen Tanah Air meskipun kebijakan baru ini diklaim demi pengembangan layanan terintegrasi.

    Hal ini tidak terlepas dari rekam jejak Facebook soal bocornya data pengguna di kasus Cambridge Analytica tahun 2018. Akibatnya sejak kemarin banyak muncul ajak bermigrasi ke aplikasi percakapan lain seperti Telegram dan Signal.

    Telegram diciptakan oleh Pavel Durov yang pernah berkunjung ke Kementerian Kominfo RI untuk membahas penanganan konten radikal di layanan tersebut pada tahun 2017. Signal sendiri merupakan aplikasi buatan pendiri WhatsApp yaitu Brian Acton yang mundur dari Facebook Inc tahun 2018.

    Di situs resminya, WhatsApp sudah menjelaskan daftar jenis data pengguna yang dibagikan dengan Facebook. Tidak lama di internet langsung ramai perbandingan data yang dikumpulkan oleh aplikasi WhatsApp di kebijakan terbarunya, dikutip dari situs Gadget NDTV.

    Data yang dikumpulkan baik dari pengguna WhatsApp di Android maupun di Apple tidak berbeda. Hal ini bisa dilihat dari fitur App Privacy pada iPhone di iOS versi terkini.

    1. WhatsApp
    Kedua aplikasi ini menurut tampilan App Privacy di iPhone mengumpulkan data yang cukup banyak dan serupa menurut tangkapan layar dari App Privacy di iOS.

    Data yang dikumpulkan terdiri dari: transaksi dan infromasi finansial apabila menggunakan fitur pembayaran WhatsApp Pay, lokasi, kontak, identitas, diagnostik perangkat, daftar kontak, dan lainnya.

    Perbandingan Data Pengguna yang Dikumpulkan Whatsapp

    2. Facebook Messenger
    Aplikasi ini justru mengumpulkan lebih banyak data dibandingkan WhatsApp tapi masih sama. Beberapa tambahan data pengguna yang dikumpulkan adalah riwayat aktivitas internet lewat browser termasuk konten yang dicari serta informasi sensitif.

    3. Telegram
    Aplikasi Telegram mengumpulkan data yang lebih sedikit dibandingkan Facebook Messenger walaupun sama-sama mengakses data seperti identitas dan daftar kontak. Namun hal ini masih lebih baik dibandingkan dua aplikasi lainnya.

    Perbandingan Data Pengguna yang Dikumpulkan Whatsapp

    4. Signal
    Pembuat WhatsApp sekaligus aplikasi Signal, Brian Acton tampaknya menyadari pentingnya privasi data pengguna. Aplikasi Signal hanya mengumpulkan data kontak pengguna tapi tidak terhubung langsung ke identitas Anda.

    Status "data not linked to you" menandakan data yang dikumpulkan Telegram tidak akan langsung terikat ke identitas asli Anda sehingga lebih aman.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id