Arsitek London Buat Rancangan Gedung Tanpa Bayangan

    Riandanu Madi Utomo - 15 Maret 2015 12:07 WIB
    Arsitek London Buat Rancangan Gedung Tanpa Bayangan
    Konsep sekitar gedung tanpa bayangan (foto: The Verge)



    medcom.id: Gedung pencakar langit telah menjadi bagian dari kehidupan kota-kota besar, tak terkecuali London. Keberadaan gedung pencakar langit sering menghalangi sinar matahari, sehingga para penguni di sekitarnya harus rela hidup dalam bayang-bayang. Itulah masalah yang ingin dipecahkan sekelompok arsitek dari London. Baru-baru ini, mereka berhasil merancang sebuah gedung pencakar langit yang memiliki kemampuan untuk tak menghasilkan bayangan, tetapi menghasilkan cahaya matahari, sehingga gedung tersebut dijuluki gedung tanpa bayangan (shadowless).

    Gedung tanpa bayangan tersebut memiliki konsep yang cukup unik, yaitu memiliki bentuk khusus untuk memantulkan cahaya ke bagian yang nantinya menjadi bayangan. Untuk mencapai hal tersebut, para arsitek merancang dua buah gedung dengan desain dan fungsi yang berbeda. Satu dari gedung tersebut akan memiliki bentuk yang menyerupai sebuah cermin cekung raksasa agar cahaya matahari dapat dipantulkan ke sebuah titik tertentu.






    Para arsitek menggunakan software bernama Rhinoceros untuk mensimulasikan refleksi cahaya pada kedua gedung tersebut secara maksimal. Dari seluruh rancangan yang dibuat, para arsitek tersebut akhirnya mampu mengurangi tingkat bayangan pada gedung hingga 60 persen. Menurut mereka, desain gedung tanpa bayangan ini akan semakin populer seiring dengan meningkatnya jumlah gedung pencakar langit di kota besar. (The Verge)

    (ABE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id