Tech Center di Indonesia Jadi Markas Grab Terbesar ke-2 Setelah Singapura

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Desember 2020 14:10 WIB
    Tech Center di Indonesia Jadi Markas Grab Terbesar ke-2 Setelah Singapura
    Grab Tech Center.



    Jakarta: Di tengah kondisi pandemi yang berimbas buruk terhadap perekonomian justru di tanggal 10 November lalu Grab meresmikan Grab Tech Center yang sekaligus menjadi headquarter atau markas kedua setelah Singapura.

    Langkah investasi Grab di Indonesia disambut baik tidak hanya bagi perusahaan moda transportasi online tersebut tapi juga untuk Indonesia menurut kacamata pengamat ekonomi Universitas Indonesia, Rizal E. Halim.

     



    "Ini berarti kepercayaan terhadap iklim usaha di Indonesia semakin positif, di tengah tekanan akibat pandemi," ujar Rizal sekaligus menilai langkah ini adalah bentuk komitmen jangka panjang Grab memperkuat basis pasar di Indonesia.

    "Dalam era teknologi sekarang tentu headquarter tidak semata-mata fisik bangunan yang besar, melainkan dedikasi resources dan tempat pengambilan keputusan," jelas Rizal.

    "Ini penting karena pada saat yang sama, kita sudah cukup lama melihat pemerintah ‘mengejar-ngejar’ sejumlah perusahaan teknologi agar membuka kantor di Indonesia," tambahnya.

    Peresmian markas Grab di Indonesia sekaligus Grab Tech Center tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menkominfo Johny G. Plate, serta menteri lainnya dari Kabinet Indonesia Maju.

    Grab Tech Center dengan luas 12.000 meter didedikasikan bagi pengembangan teknologi dan inovasi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan membawa teknologi buatan Indonesia ke panggung Asia Tenggara.

    "Dual headquarter Grab ini merupakan momentum untuk menumbuhkembangkan jejaring dan rantai nilai produksi di sektor teknologi. Juga menjadi magnet bagi industri lainnya khususnya, yang memiliki aspek pengembangan dan inovasi,” papar Rizal.

    Rizal menyarankan agar Grab juga bekerja sama dengan inkubator-inkubator bisnis yang ada di sejumlah lembaga, seperti universitas, kementerian dan lembaga pemerintahan, dan organisasi kemasyarakatan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id