Viral Aplikasi MyHeritage, Buat Foto Lama Jadi Hidup

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Maret 2021 09:23 WIB
    Viral Aplikasi MyHeritage, Buat Foto Lama Jadi Hidup
    MyHeritage hadir dalam bentuk aplikasi mobile dan situs.



    Jakarta: Beberapa hari belakang viral sebuah aplikasi mobile bernama MyHeritage. Aplikasi ini mendadak ramai dibicarakan karena bisa membuat foto lama jadi hidup, termasuk foto anggota keluarga yang sudah wafat.

    Kehebatan tersebut membuat sebagian orang bisa bernostalgia dengan orang terkasih atau anggota keluarga yang sudah tiada. Aplikasi ini membuat sosok di dalam foto bisa berkedip dan menggerakan mata bahkan menampilkan sedikit senyuman.






    Dikutip dari situs Newsweek, pembuat aplikasi MyHeritage menyebut bahwa teknologi yang digunakan adalah DeepNostalgia, tetapi sejatinya kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi utama di balik kemampuan tersebut.

    Teknologi AI yang digunakan serupa dengan deepfake atau teknologi merekayasa sebuah video yang saat ini menjadi kontroversial akibat mampu memalsukan sebuah konten media seperti foto atau video terlihat seperti aslinya atau dalam aplikasi MyHeritage seperti hidup.

    Contoh lain penggunaan teknologi AI deepfake yang kontroversial adalah memasang foto atau wajah aktris ternama pada sebuah video porno. Jadi video prono tersebut terkesan diperankan oleh sang aktris padahal itu direkayasa menggunakan AI deepfake.

    Aplikasi MyHeritage tersedia di Android. Pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Pertama, unduh aplikasinya kemudian buat akun terlebih dahulu selanjutnya pengguna cukup mengunggah foto yang diinginkan.

    Pilih bagian Photos kemudian tekan ikon plus untuk menambahkan gambar, tersedia juga pilihan Add Photos untuk mengambil foto di galeri smartphone. Di sini juga ada pilihan Scan Photos & Docs untuk mengambil langsung dari lembar foto lama.

    Selanjutnya klik ikon lingkaran yang memiliki tiga garis pendek. Aplikasi MyHeritage akan memproses foto tersebut menghasilkan foto dengan efek bergerak atau sosok di dalam foto seolah hidup dengan mengedipkan mata, menggerakan mata, bahkan sedikit tersenyum.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id