Rich IoT, Cara MediaTek Dukung Perangkat Cerdas

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 Mei 2019 10:00 WIB
    Rich IoT, Cara MediaTek Dukung Perangkat Cerdas
    MediaTek.
    Jakarta: MediaTek mengambil langkah memperluas pengembangan kemampuan teknologi AI atau kecerdasan buatan tidak hanya di smartphone. Teknologi AI MediaTek akan mendukung seluruh perangkat cerdas dalam ekosistem Internet of Things (IoT).

    MediaTek mengumumkan program terbaru mereka bernama Rich IoT. Program ini bertujuan menghasilkan berbagai platform chipset berkemampuan AI untuk perusahaan yang ingin mengembangkan produk perangkat cerdas.
    Disebutkan platform ini berdasarkan software dan hardware yang mengikuti standar terbuka dan industri dan dibangun di atas chipset MediaTek. Teknologi AI MediaTek sendiri sudah banyak digunakan pada perangkat cerdas, seperti speaker.

    MediaTek juga mengumumkan kerja sama dengan perancang independen dari Tiongkok, Eropa, dan Amerika Serikat, di antaranya BayLibre dan Stream Unlimited. Kedua perusahaan tersebut menyediakan dukungan chipset MediaTek serta hardware dan software untuk perusahaan yang akan menggunakan AI MediaTek.

    "Internet of Things telah memasuki fase berikutnya. Fitur-fitur AI diintegrasikan ke hampir semua tipe perangkat konsumen yang ada. Ini artinya perangkat terhubung sekarang membutuhkan prosesor untuk mendukung aplikasi AI," tutur Senior VP and GM Intelligent Devices Business Group MediaTek, Jerry Yu.

    "Program Rich IoT dari MediaTek memungkinkan perusahaan-perusahaan dalam berbagai ukuran untuk menghasilan perangkat-perangkat dengan fitur-fitur AI, multimedia dan konektivitas yang lebih canggih," ungkap Yu.

    Chipset AI dan dukungan program Rich IoT MediaTek diklaim menawarkan konsumsi daya snagat rendah untuk memaksimalkan daya tahan baterai sekaligus menyajikan komputasi luar biasa untuk perangkat cerdas generasi selanjutnya.

    MediaTek menyebutkan tiga segmen utama pengembangan AI di IoT dalam program Rich IoT. Pertama adalah perangkat berkemampuan suara yang akan hadir dalam speaker cerdas, mesin cuci, kitchen appliance, dan lain-lain.

    Kedua yaitu perangkat tampilan dan layar yang betinda sebagai hub cerdas ekosistem IoT seperti thermostat, head-mounted display, perangkat olahraga dan lain-lain. Ketiga perangkat visi AI yang mampu mengenali obyek atau manusia dan menunjang sistem keamanan cerdas, misalnya robot, drone, dan lain-lain.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id