comscore

Google Buat Chipset Ponsel Sendiri, Lawan Qualcomm dan MediaTek

Cahyandaru Kuncorojati - 03 Agustus 2021 06:30 WIB
Google Buat Chipset Ponsel Sendiri, Lawan Qualcomm dan MediaTek
Google Pixel 6.
Jakarta: Google sejak lama memiliki smartphone seri Pixel yang merupakan rancangan mereka sendiri namun kini perusahaan internet tersebut juga tampaknya bakal bisa bersaing dengan Qualcomm, MediaTek, maupun Samsung di pasar chipset atau bisa disebut prosesor pada smartphone.

Google lewat blog resmi mereka mengumumkan bahwa pada musim gugur tahun ini yaitu kisaran bulan September mereka akan memamerkan debut chipset buatannya sendiri yang bernama Google Tensor pada seri smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bersama dengan Android 12.

 



Sayangnya, Senior VP Devices & Services Google, Rick Osterloh belum memberikan detil lengkap dari spesifikasi hardware yang dimiliki chipset Google Tensor. Dia menegaskan bahwa chipset ini akan membawa kemampuan terbaik kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) yang pernah dikembangkan Google.

“Tensor diciptakan dengan menyesuaikan cara orang menggunakan ponsel saat ini dan di masa depan. Semakin banyak fitur yang didukung AI dan ML membuat proses menambahkan kemampuan komputasi semakin sulit, makanya di sini digunakan kemampuan ML untuk membuka potensi pengalaman baru bagi pengguna Pixel,” jelas Osterloh.

Chipset Google Tensor juga disebut memiliki sistem keamanan hardware berlapis lewat security core baru Titan M2 yang diklaim menjadi sistem keamanan ponsel terbaik saat ini. Chipset ini diklaim bakal membawa banyak fitur baru dari Google yang diprediksi juga akan berpengaruh terhadap smartphone Android lain.

“Tensor memungkinkan Google membuat ponsel yang selama ini kami impikan yaitu terus menjadi lebih baik dengan menyajikan hal terhebar dari Google,” ungkapnya. Meskipun begitu sangat disayangkan bahwa smartphone Pixel dari Google tidak pernah dirilis resmi di Indonesia.

Pixel merupakan brand milik Google yang dulu hadir dalam beragam bentuk produk dan kini menjadi merek untuk ponsel buatan mereka. Smartphone Pixel pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan masih menggandeng produsen smartphone lain yang dijual dengan embel Pixel sebagai tanda dukungan penuh dari Google.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id