IBM Gandeng Partner Lokal Demi Galakkan Transformasi Digital

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Desember 2017 16:11 WIB
    IBM Gandeng Partner Lokal Demi Galakkan Transformasi Digital
    IBM Indonesia Partner Solution Summit menjadi bukti IBM untuk turut serta dalam transformasi digital yang kini sedang gencar di Indonesia.
    Jakarta: Mengadopsi teknologi digital tidak hanya wajib dilakukan oleh individu agar tetap relevan dengan perkembangan zaman termasuk dengan bisnis. Bagi bisnis, langkah ini disebut transformasi digital.

    "Transformasi digital menjadi bagian penting dari strategi bisnis atau perusahaan. Jadi transformasi digital itu sangat dibutuhkan dalam petumbuhan suatu bisnis dan perusahaan tapi orang masih salah dalam memahami transformasi digital," tutur Country Manager One Channel IBM Indonesia, Novan Adian.

    Menurutnya selama ini bisnis atau perusahaan banyak yang memahami transformasi digital sekadar membuat web atau aplikasi untuk memberikan service atau produk kepada konsumen. Padahal dari segi operasional perusahaan juga harus mengadopsi teknologi digital.

    "Oleh sebab itu hari ini kami menggelar IBM Indonesia Partner Solution Summit untuk menampilkan solusi transformasi digital hasil kerja sama dengan partner lokal," tutur Novan.

    Mengapa bekerja sama dengan partner lokal? Menurut Novan, transformasi digital tidak semata-mata mengadopsi teknologi terkini tapi juga disesuaikan dengan kebutuhannya. IBM menggandeng partner lokal untuk memodifikasi layanan back bone yang disediakan, mulai dari big data platform dan big data analytics.

    Presiden Direktur Multipolar Technology Wahyudi Chandra yang menjadi salah satu partner memodifikasi solusi dari IBM menurutkan bahwa transformasi digital, memiliki dua poin utama yang jadi kunci keberhasilan sebuah bisnis diera digital.

    "Operational cost menurun, revenue naik. Solusi digital mampu membuat opersional bisnis lebih efisien, tapi dari sisi service dan produk jauh lebih diminati customer. Lewat big data sebuah bisnis mampu membaca behaviour customer mereka dan memprediksi layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan," beber Wahyudi.

    Lewat acara IBM Indonesia Partner Solution Summit yang digelar di JW Marriot, Jakarta, hari ini Novan mengakui pihak IBM ingin turun tangan membantu tranformasi digital di Indonesia yang kini sedang digencarkan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id