Review SSD Eksternal

    Seberapa Kencang SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB?

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 13 Mei 2020 14:57 WIB
    Seberapa Kencang SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB?
    SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB
    Jakarta: SanDisk sudah dikenal sebagai produsen memori ringkas. Konsumen mungkin pertama kali mengenalnya dari produk flash drive. Mereka juga sudah sangat rutin merilis produk kartu SD atau Micro SD, yang biasa dipakai untuk kamera dan smartphone.

    Kemampuannya dalam menciptakan produk memori flash membuka peluan untuk menyediakan rumpun SSD. Kategorinya bisa dari SSD 2,5 inci sampai yang sudah mengadopsi slot M.2. Kali ini, mereka kembali merambah pasar portabel lewat SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB. Berikut ulasan Medcom.id.

    Mendengar kata SSD dan portabel pada namanya, konsumen akan langsung membayangkan sebuah produk penyimpanan eksternal yang mungil dan kencang. SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB ditargetkan dapat memenuhi ekspektasi tersebut.

    Melihat ukurannya, bodi SSD eksternal ini memang cukup mungil dan sangat nyaman dipegang dengan satu tangan. Ini karena bodinya menggunakan lapisan karet yang cukup kuat menahan benturan. Terlihat tak biasa, pada sisi atasnya terdapat ruang dengan bingkai besi berwarna oranye, yang bisa dipasang dengan pengait untuk benda lain.

    Seberapa Kencang SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB?

    Warna oranye ini juga terpasang di sisi pinggir yang melingkari bodi. Harus diakui, bingkai besi cukup tebal, dan benturannya cukup terasa saat beberapa kali kami letakkan di meja. Ini bisa membuat penggunanya sedikit khawatir setiap kali mendengar bunyi benturan tersebut. Selain itu, SSD portabel ini tidak memiliki indikator LED sebagai status operasionalnya. 

    Namun, SanDisk mengklaim telah menggunakan material bagus agar SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB dapat menahan efek benturan atau guncangan. Mereka mengklaim SSD eksternal ini telah sertifikasi IP55 untuk daya tahan terhadap debu dan cipratan air. Sekali lagi, untuk cipratan air, bukan ketahanan untuk air tergenang, sehingga jangan sampai ia terjatuh ke dalam kolam atau kubangan air lainnya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Untuk antarmukanya, ia menggunakan USB-C, dan didukung kabel USB-C ke USB-A, dan satu kabel lagi USB-C ke USB-C dalam paket penjualan. Ia mendukung sistem operasi Windows dan MacOS sekaligus. Ketika ingin menggunakannya dengan perangkat MacOS, ada baiknya untuk mengganti format yang sesuai, dan panduannya sudah ada di dalam berupa .PDF.

    Untuk performanya, SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB mengklaim menyediakan kecepatan membaca data hingga 1,050MB per detik. Pengujian dengan CrystalDiskMark mencatat SSD eksternal ini mampu membaca data dengan kecepatan 1,028MB per detik. Sementara kecepatan tulisnya mencapai 843MB per detik. Ini berarti klaim SanDisk untuk produknya sudah sesuai.

    Seberapa Kencang SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB?

    Untuk pengujian ini kami menggunakan kabel USB-C ke USB-A. Terkait penggunaan sehari hari seperti memindahkan film berukuran 4GB atau lebih atau video beresolusi 2K atau lebih, kecepatan transfer ini sudah memadai.

    Seberapa Kencang SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB?

    Secara keseluruhan, SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB adalah SSD eksternal yang menarik. Ia punya ukuran yang mungil dengan grip yang bagus, tak lupa dengan desainnya yang cukup keren apabila pengguna ingin memamerkannya. Penggunaan USB-C membuatnya menyediakan kecepatan transfer yang baik, ditambah dengan pilihan kabel yang lebih dari satu.

    Harga SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB saat ini di e-commerce kisaran Rp4,1 juta, yang tak bisa dipungkiri cukup menguras kantong. Di sisi lain, ia merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk pengguna yang punya mobilitas tinggi, dan sering memindahkan data dalam ukuran besar.
     
     
     
    SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1TB
    Plus
    • Ukuran mungil
    • Bisa untuk Windows dan MacOS
    • Kecepatan transfer data kencang
    Minus
    • Tak ada indikator LED
    • Ketahanan air terbatas


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id