UMG Idealab Tampilkan Informasi Covid-19 Berbasis Big Data

    Lufthi Anggraeni - 26 Maret 2020 10:12 WIB
    UMG Idealab Tampilkan Informasi Covid-19 Berbasis Big Data
    Ilustrasi: Widya Analytic
    Jakarta: Virus Korona yang bernama lain SARS-CoV-2)merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Bila tak segera diobati, pasien akan mengalami demam, flu, batuk, pneumonia akut, sampai kematian. Pada tahap tersebut infeksi virus ini disebut Covid-19.

    Pertama kali virus Korona ditemukan oleh seorang pasien di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Saat ini konsentrasi negara dengan penderita terbesar Virus Corona terdapat di Tiongkok, Iran, dan Italia.

    Situasi di Indonesia saat ini juga tak kalah gentingnya dengan negara lain. Jumlah pasien positif virus corona Covid-19 di Indonesia terus melonjak dan bertambah setiap minggunya.

    UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) sekaligus Venture Builder (VB) besutan Kiwi Aliwarga mengklaim mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. Melalui salah satu startup, Widya Analytic, UMG Idealab mengembangkan rumah informasi Covid-19 melalui portal monitoring berbasis big data analisis yang diolah dari berbagai sumber secara lengkap, valid, dan edukatif.

    Bertajuk Monitoring and Analysis for Indonesia Covid-19 Mitigation dengan visualisasi yang mudah dipahami, masyarakat dapat mengaksesnya di halaman ini.

    Di portal ini, Widya Analytic mengklaim menyediakan berbagai data terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia, seperti analisis klasifikasi pengidap Covid-19 berdasar jenis kelamin, kewarganegaraan, jenis kasus, penyebaran provinsi, penyebaran kota, dan kluster sumber.

    “Pengembangan portal Widya Analytic masih terus dilakukan. Kami juga mengajak berbagai pihak termasuk masyarakat umum untuk bergabung menjadi volunteer yang membantu proses pengumpulan dan pengolahan data."

    Data ini dipersiapkan untuk menjadi aplikasi mobile yang nantinya mudah digunakan masyarakat luas di mana saja untuk memantau perkembangan terkait Covid-19,” ujar Kiwi Aliwarga, founder UMG Idealab.

    Kiwi menambahkan, dengan menyajikan informasi yang lengkap, valid, edukatif, dan terukur, ia berharap masyarakat dan stakeholder mendapatkan informasi yang proporsional, sehingga dapat mengambil langkah-langkah penting untuk pencegahan dan kewaspadaan ke depannya dan mencegah hoaks.

    Nantinya, Widya Analytic juga akan membekali masyarakat dengan dengan analisis kejadian global, analisis kejadian per provinsi sampai dengan kota, dan analisis lain terkait pola penyebaran berbasis transportasi umum dan faktor resiko kerentanan terkait Covid-19 melalui 2 portal tersebut.

    Inisiasi dan inovasi ini juga didukung saat ini oleh FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, dan Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id