Gandeng BNPB, Qlue Pasang Indonesia Bergerak

    Lufthi Anggraeni - 23 Maret 2020 09:07 WIB
    Gandeng BNPB, Qlue Pasang Indonesia Bergerak
    Indonesia Bergerak hasil kolaborasi Qlue dan BNPB
    Jakarta: Qlue bersama beberapa startup Indonesia lainnya di bawah MDI Ventures, meluncurkan Indonesia Bergerak, layanan inisiatif berbasis integrasi data, chatbot, dan pelaporan warga terkait perkembangan Covid-19 yang dapat diakses publik.

    Masyarakat dapat melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat, dan rumah sakit yang penuh melalui Qlue.

    Founder & CEO Qlue, Rama Raditya menjelaskan, Qlue menambahkan tiga kategori baru di dalam aplikasi untuk melaporkan berbagai hal terkait virus corona. Laporan dari masyarakat akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang dapat diakses oleh publik di dashboard.

    Laporan masyarakat akan diintegrasikan dengan data-data lainnya, sehingga membantu orang untuk melihat sebaran Covid- 19 di seluruh Indonesia, mengurangi penyebaran corona dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

    “Qlue mengaktifkan ekosistem smart city dengan menyediakan QlueApp sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19 dan aplikasi QlueWork (aplikasi manajemen tenaga kerja/workforce management) yang digunakan petugas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di lapangan untuk mengoordinasikan berbagai tugas secara efektif dan efisien,” kata Founder Qlue Rama Raditya.

    Selain itu, partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh dinilai sangat dibutuhkan BNPB sebagai data untuk analisis dan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

    "Kolaborasi BNPB bersama Qlue ini telah kami rintis sejak 2017 lalu untuk mempercepat proses pemulihan pasca bencana di seluruh Indonesia, dan saat ini BNPB meningkatkan kerjasama dengan Qlue untuk berada di gerbong yang sama untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

    “Kami percaya, pandemi ini dapat dihentikan jika seluruh masyarakat bersatu untuk saling menjaga, dimulai dari hal-hal kecil seperti menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus dan melaporkan potensi penyebaran virus corona melalui aplikasi QlueApp. Satu langkah kecil bisa menyelamatkan kesehatan ribuan orang di sekitar Anda. Saya yakin kita semua dapat melalui ini bersama.” tutup Rama Raditya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id