Sensor Gambar AI Sony akan Dukung iPhone dan Google Pixel

    Lufthi Anggraeni - 15 Mei 2020 10:48 WIB
    Sensor Gambar AI Sony akan Dukung iPhone dan Google Pixel
    Sony mengumumkan dua sensor gambar pertamanya dengan dukungan AI terintegrasi.
    Jakarta: Sony mengumumkan sensor gambar pertamanya yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) terintegrasi. Sensor ini hadir dalam dua versi, yaitu IMX500 dan IMX501, dan merupakan sensori Intelligent Vision beresolusi 12,3MP.

    Phone Arena melaporkan bahwa sensor ini berkemampuan untuk menganalisa dan memproses gambar yang ditangkap secara langsung pada chip logik, tanpa harus mengandalkan layanan cloud. Sony menyebut kemampuan AI pada sensor gambar barunya memungkinkan untuk menyuguhkan berbagai fungsionalitas baru untuk aplikasi.

    Fungsionalitas tersebut termasuk pelacakan obyek secara langsung dengan pemrosesan AI berkecepatan tinggi. Selain potensi penggunaan teknologi ini pada smartphone masa depan yang sebelumnya digunakan sensor kamera Sony, seperti iPhone, Sony menjelaskan bahwa produk barunya memiliki skenario penggunaan di skenario lain.

    Sony menyebut, saat dipasangkan pada rak penyimpanan, sensor karyanya ini dapat digunakan untuk mendeteksi kekurangan pasokan, dan saat dipasangkan di langit-langit, sensor ini akan dapat digunakan untuk pemetaan suhu pengunjung toko sehingga dapat mendeteksi lokasi pengunjung berkumpul.

    Selain itu, model AI pada kamera ini juga dijelaskan Sony dapat diatur ulang dari penggunaan untuk mendeteksi peta suhu menjadi penggunaan untuk mengidentifikasi perilaku konsumen, dan sebagainya. Sebelumnya, meskipun konsol PlayStation 5 akan dirilis akhir tahun ini, tapi penjualan PlayStation 4 ternyata masih sangat bagus.

    Konsol generasi keempat Sony tersebut diklaim sudah terjual sebanyak 110 juta unit. Angka penjualan PlayStation 4 tadi terungkap dalam laporan finansial terbaru dari Sony. Hal tersebut menakjubkan karena selama tiga bulan dan berakhir di 31 Maret 2020 ternyata konsol ini masih terus terjual sebanyak 1,5 juta unit, termasuk varian PlayStation 4 Pro.

    Sementarai itu, Sony disebutkan memberikan pernyataan terkait rumor bahwa PlayStation 5 akan dirilis lebih awal pada bulan Oktober. Rumor tersebut berawal dari sebuah job listing atau lowongan pekerjaan di Sony PlayStation yang mengindikasikan informasi tersebut.

    Akun Twitter @Nibellion sempat menemukan bahwa Sony membuka lowongan karir untuk bertugas menyiapkan pemilihan penyuplai dan mitra ritel penjual PlayStation 5 (PS5). Tertera bahwa tugas ini terkait rencana peluncuran konsol tersebut di bulan Oktober.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id