Raih Investasi Seri A Rp101 Miliar, Nextbilion.ai Bidik Pasar Indonesia

    Lufthi Anggraeni - 11 Juli 2020 13:17 WIB
    Raih Investasi Seri A Rp101 Miliar, Nextbilion.ai Bidik Pasar Indonesia
    Pendiri Nextbillion.ai
    Jakarta: Nextbillion.ai, startup yang menawarkan teknologi hiperlokal berbasis kecerdasan buatan (AI), telah menutup pendanaan Seri A dengan total investasi senilai Rp101 miliar (USD7 juta).

    Putaran pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura dari Amerika Serikat, yaitu Lightspeed Venture Partners dan Falcon Edge Capital. Sebagai langkah selanjutnya, Nextbillion.ai berencana melakukan ekspansi bisnis ke pasar potensial seperti Indonesia.

    Startup berbasis di Singapura ini telah merekrut seorang Country Manager dan sedang bermitra dengan perusahaan-perusahaan logistik dan transportasi lokal untuk memperluas cakupan mereka di Indonesia. Sebelumnya, Nextbillion.ai juga telah mencatatkan pertumbuhan pesat di beberapa negara lain di Asia. 

    “Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, di mana setiap daerah mempunyai budaya, tradisi, serta infrastruktur yang berbeda, dan teknologi kami memiliki kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Ajay Bulusu, Co-founder NextBillion.ai, menjelaskan tentang rencana investasi baru.

    "Solusi yang kami tawarkan telah disesuaikan dengan keunikan geografi dan budaya hiperlokal dengan sangat baik, karena kami menyadari bahwa satu versi peta saja tidak akan bisa memenuhi seluruh Indonesia.” 

    NextBillion.ai berencana membangun infrastruktur digital berbasis AI untuk memperkuat layanan logistik, transportasi, dan rantai pasok di seluruh ekosistem.

    Perusahaan ini mengembangkan teknologi pemetaan, moderasi konten, fitur pengenalan wajah, sistem keamanan siber, dan natural language processing untuk bahasa Indonesia. Infrastruktur teknologi yang lengkap seperti ini akan berperan penting dalam mewujudkan Smart City Master Plan Indonesia, yang diperkuat teknologi AI berbasis lokasi geografi dari Nextbillion.ai.

    “Biasanya, pasar negara berkembang seringkali diabaikan oleh sebagian besar perusahaan, karena pasar ini jauh lebih kompleks. Mereka memiliki beragam bahasa, budaya, sentuhan hiperlokal, dan kota-kota yang padat penduduk," tambah Gaurav Bubna, Co-Founder NextBillion.ai.

    "Dengan produk pertama kami, nextbillionmaps, kami membangun platform AI yang intuitif dan cerdas dengan menggunakan data open-source yang dikombinasikan dengan data klien eksklusif, untuk menawarkan solusi yang efektif, efisien, dan terjangkau bagi keperluan logistik, transportasi, jasa pengiriman, dan solusi e-commerce." 

    Nextbillionmaps adalah produk pertama dari NextBillion.ai. Peta SaaS berbasis AI ini diklaim menyediakan akses Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API), seperti rute, navigasi, arah, dan matriks jarak, untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan peta digital. Nextbillionmaps akan menghadirkan kemampuan AI untuk mendukung kurasi dan pemeliharaan data peta.

    NextBillion.ai didirikan pada awal tahun 2020 oleh tiga mantan pimpinan teknologi Grab, yaitu Gaurav Bubna, Ajay Bulusu, dan Shaoling Zheng. Sebelumnya, mereka telah berpengalaman mengembangkan Grab Maps, fitur Routing, Pricing, dan Estimated Time of Arrival (ETA). 

    Selain Lightspeed Venture Partners dan Falcon Edge Capital, startup ini juga mendapatkan suntikan investasi dari angel investor ternama, seperti Nishant Rao, mantan COO Freshworks, Prashant Malik, Pendiri Cassandra, Anand Chandrasekeran dan Ashwini Asokan, Pendiri dari Mad Street Den.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id