Alibaba Cloud Kenalkan Komputer Berbasis Cloud di Apsara

    Lufthi Anggraeni - 19 September 2020 09:52 WIB
    Alibaba Cloud Kenalkan Komputer Berbasis Cloud di Apsara
    Alibaba meluncurkan produk pengganti PC tradisional, memanfaatkan komputasi awan bertajuk Wuying.
    Jakarta: Alibaba mengumumkan komputer cloud dengan ukuran mini di acara tahunannya, Apsara Conference 2020, yang dihelat secara online. Produk bertajuk Wuying ini hadir dengan bobot 60 gram dan berukuran sangat kecil yaitu sebesar genggaman tangan.

    “Berbeda dengan PC tradisional, komputer cloud memungkinkan Anda untuk menjalankan beban kerja di cloud. Melalui komputasi awan, perangkat ini dapat menyuguhkan daya komputasi tanpa batas,” ujar President of Alibaba Cloud Intelligence Jeff Zhang.

    Zhang juga menjelaskan bahwa Wuying tidak hanya ditujukan untuk penggunaan komputasi rumahan, tapi juga dapat digunakan sebagai pengganti dari komputer tradisional, baik di instansi pemerintah maupun enterprise.

    Untuk menggunakan Wuying, pengguna hanya perlu menghubungkannya ke layar, dan kemudian pengguna dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai aktivitas seperti yang dapat dilakukan oleh PC pada umumnya.

    Zhang mengklaim bahwa Wuying memiliki kemampuan lebih baik jika dibandingkan dengan PC tradisional. Zhang menyebut pengguna dapat memanfaatkan Wuying untuk melakukan tugas komputasi rumit dan menjalankan beban kerja yang memiliki kebutuhan khusus.

    Wuying juga diklaim mampu melakukan render video berdefinisi tinggi, yang membutuhkan sejumlah PC tradisional untuk dapat diselesaikan. Kehadiran Wuying merupakan hasil pemikiran Alibaba Cloud sejak beberapa tahun lalu, dengan PC sebagai hal pertama yang muncul di benak saat mempertimbangkan inovasi baru yang akan disuguhkan kepada masyarakat.

    Kehadiran Wuying juga dijelaskan Zhang atas dasar penilaian Alibaba Cloud bahwa masih banyak kemampuan komputasi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Dan melakukan pemeliharaan terhadap hardware mengharuskan pengguna untuk mengganti komponen setiap dua hingga tiga tahun sekali.

    Hal ini memunculkan keyakinan Alibaba Cloud bahwa upgrade PC tidak akan dapat secara tepat sesuai dengan kebutuhan pengguna, menyebabkan PC kerap menjadi investasi buruk. Dengan evolusi teknologi cloud, Alibaba Cloud optimis dapat membebaskan pengguna dari hal tersebut.

    Komputer cloud juga diklaim Zhang fleksibel, elastik dan terjangkau, serta memungkinkan pengguna untuk membeli sumber daya pada saat yang diinginkan. Komputer cloud juga memungkinkan pengguna untuk meningkatkan skala tenaga komputasi sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, serta melepaskan sumber daya tersebut saat telah selesai digunakan.

    Menggunakan komputasi cloud juga disebut Zhang menguntungkan pengguna, sebab memungkinkan mereka menyimpan seluruh informasi kecerdasan di cloud dengan satu klik tombol, menyederhanakan proses pemindahan informasi dari satu media penyimpanan ke lainnya.

    Wuying juga diklaim didukung keamanan terbaik dari Alibaba Cloud, karena tidak berbekal antarmuka untuk perangkat eksternal.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id