Microsoft Buat Prosesor Sendiri Bernama Pluton, Buat Apa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 November 2020 11:37 WIB
    Microsoft Buat Prosesor Sendiri Bernama Pluton, Buat Apa?
    Ilustrasi.
    Jakarta: Mendengar kata prosesor kita terbiasa mengenal Intel dan AMD sementara di mobile yang lebih dikenal dengan sebutan chipset ada Qualcomm yang kini ikut ditanamkan di laptop 5G. Namun Microsoft kemarin mengumumkan telah membuat prosesor sendiri bernama Pluton.

    Menariknya prosesor Microsoft Pluton tidak akan berdiri sendiri di perangkat melainkan dipasangkan pada prosesor Intel, AMD, dan chipset Qualcomm yang ada di pasar, apa fungsinya?

    Di situs resmi Microsoft dijelaskan bahwa Microsoft Pluton adalah prosesor untuk keamanan berbasis hardware yang langsung terpasang di prosesor. Jadi bukan sistem keamanan berbasis software seperti antivirus. Prosesor ini akan menggantikan teknologi sebelumnya.

    Di laptop profesional biasanya dijumpai fitur bernama Trusted Platform Module (TPM), yaitu berupa chip untuk keamanan data berbasis hardware dengan kunci kriptografik. Jadi Microsoft Pluton akan menggantikan fitur TPM.

    Pengembangan ini dilakukan karena melihat ancaman siber yang semakin serius dan misi untuk menyediakan keamanan menyeluruh atau end-to-end yang disediakan dari cloud sehingga terus terhubung. Jadi semua update serta pengawasan dilakukan langsung oleh Microsoft.

    "Desain dari Microsoft Pluton akan menciptakan integrasi yang lebih kuat antara hardware dan sistem operasi Windows di prosesor yang mampu mengurangi celah serangan," tutur Director of Enterprise and Operating System Security Microsoft, David Weston dikutip dari Tech Crunch.

    Microsoft tampaknya belajar dari kasus serius Spectre dan Meltdown yang disebut berasal dari celah keamanan pada prosesor dan sistem operasi Windows 10. Microsoft Pluton sebetulnya sudah ditanamkan di Xbox One sejak 2013 untuk mencegah peretasan dan konsol tidak bisa bermain game bajakan yang bisa disusupi malware atau virus.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id