Review Smartwatch

    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat

    Lufthi Anggraeni - 12 Februari 2021 13:15 WIB
    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat
    Amazfit GTS 2e, sesuai untuk pengguna yang mementingkan gaya hidup sehat namun dengan gaya lebih sporty.
    Jakarta: Selama satu tahun terakhir, Amazfit menghadirkan sejumlah perangkat wearable dengan dukungan daya tahan baterai lama, fitur lengkap dan harga terjangkau, salah satunya adalah Amazfit GTR 2.

    Kemudian, Amazfit menghadirkan GTR 2e yang ditujukan untuk menjangkau konsumen lebih luas. Perangkat wearable ini mengusung fokus pada desain dan didukung oleh opsi pelacakan aktivitas lebih luas, untuk menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan.

    Dengan terfokus pada desain, Amazfit GTR 2e hadir dengan desain menawan dan elegan, serta cenderung tampil sporty. Perangkat ini hadir dengan layar berukuran 1,39 inci dan berbezel tipis di sekeliling sebagai bagian utamanya.

    Bezel tipis ini tidak hanya mendukung keindahan tampilan, tapi juga memungkinkan Amazfit menghadirkan bagian utama berdiameter lebih kecil namun dengan tampilan lebih luas. Panel AMOLED yang digunakan perangkat ini juga mampu menyuguhkan tampilan layar yang cerah.

    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat

    Layar ini juga didukung oleh sensor cahaya sekitar yang memudahkan melihat tampilan bahkan di bawah sinar matahari langsung. Tampilan lebih sporty didukung oleh kehadiran dua tombol serupa roda gulir yang menawarkan umpan balik taktil baik di bagian sisi kanan.

    Tombol kedua secara default berfungsi untuk mengakses menu aktivitas, namun dapat dikonfigurasikan untuk mengakses aplikasi yang terinstal di jam tangan. Semantara itu, tali jam menggunakan mekanisme pin kait standar dan dapat dengan mudah diganti dengan tali berbahan lain selain silikon.

    Sayangnya, tali berbahan silikon yang digunakan Amazfit GTR 2e ini sedikit kurang nyaman jika digunakan dalam kondisi terlalu ketat dan dalam jangka waktu lama, sebab menyebabkan kulit memerah dan gatal.

    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat

    Perangkat karya Amazfit dikenal masyarakat untuk daya tahan baterainya yang tahan lama, tidak terkecuali Amazfit GTR 2e. Perangkat ini diklaim mampu bertahan selama 24 hari dan cukup terbukti selama pengujian kami, meski belum selama itu.

    Menyoal fitur olahraga dan kesehatan, Amazfit GTR 2e hadir dengan dukungan fitur tergolong lengkap, menawarkan lebih dari 90 mode pelacakan olahraga berbeda. Mode pelacakan dasar seperti berlari, berjalan, dan bersepeda tersedia di perangkat ini, didampingi mode lain termasuk parkour dan memancing.

    Jam tangan cerdas ini juga dibekali dengan sertifikasi anti air hingga 5ATM, artinya Anda dapat mengenakannya saat berenang. Perangkat ini juga didukung fitur pengenalan cerdas, berkemampuan untuk secara otomatis mengenali dan mengkategorisasikan aktivitas luar ruangan.

    Sayangnya, menyoal pelacakan aktivitas, Amazfit GTR 2e ini menyuguhkan performa GPS kurang memuaskan, fitur ini sedikit kerap kesulitan melacak posisi terutama di lingkungan dengan banyak gedung dan pepohonan.

    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat

    Selain itu, Amazfit GTR 2e menawarkan sejumlah fitur pelacak kesehatan termasuk fitur pengawas detak jantung 24 jam serta pelacak tidur. Amazfit juga menambahkan kemampuan analisa pernapasan saat tidur menggunakan fitur pengawas SpO2 guna membantu mendeteksi gejala apnea.

    Melalui aplikasi, perangkat ini juga memberikan saran terkait cara untuk meningkatkan kualitas pernapasan saat tidur. Menyoal antarmuka pengguna, Amazfit GTR 2e juga hadir dengan berbagai opsi wajah antarmuka pengguna yang dapat diakses baik via aplikasi pendamping Zepp, atau secara langsung dari perangkat.

    Selain itu, Anda juga dapat menampilkan halaman tampilan singkat untuk informasi di kalendar, alarm, cuaca dan lainnya dengan mengusap layar ke arah kiri. Mengusap layar ke arah kanan akan menampilan fitur utama seperti fitness, detak jantung dan cuaca, sedangkan mengusap dari atas ke bawah akan menampilkan jalan pintas pengaturan, dan dari bawah ke atas untuk notifikasi.

    Amazfit GTR 2e juga berbekal kemampuan untuk menampilkan notifikasi panggilan dan pesan dari smartphone yang terhubung. Namun kemampuan tersebut hanya sekadar menampilkan notifikasi dan Anda tidak dapat berinteraksi dengan notifikasi secara langsung dari perangkat.

    Amazfit GTR 2e, Si Sporty Pendamping Gaya Hidup Sehat

    Dengan demikian, Anda tetap harus menjangkau smartphone untuk menjawab panggilan telepon masuk atau membalas pesan. Sayangnya selama pengujian, Amazfit GTR 2e tidak dapat menampilkan notifikasi dari aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, dan hanya menampilkan notifikasi pesan teks atau SMS.

    Selain itu, kontrol pemutaran musik juga sedikit kurang responsif, sebab jam tangan kerap tidak mampu menampilkan musik yang diputar dari smartphone. Namun, Amazfit GTR 2e juga dibekali dengan kendali suara dasar untuk mengaktifkan sejumlah fungsi jam tangan, yang berfungsi dengan cukup baik.

    Amazfit GTR 2e memang belum sempurna, salah satunya dengan fitur GPS yang kurang memuaskan, namun secara keseluruhan dapat berfungsi dengan baik sebagai perangkat pendamping gaya hidup sehat penggunanya.

    Dengan penawaran harga yang tergolong terjangkau, sekitar Rp2,6 juta, Amazfit GTR 2e ini jelas mampu menjadi pilihan baik untuk Anda yang menginginkan perangkat mumpuni tanpa harus merogoh kocek dalam.
     
     
    8.6
    Amazfit GTR 2e
    Plus
    • Layar cerah
    • Desain bergaya
    • Fitur kesehatan dan olahraga lengkap
    • Baterai tahan lama
    • Berbekal sertifikasi tahan air 5ATM
    Minus
    • GPS kurang memuaskan


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id