YouTube Shorts Resmi Sapa Pengguna Indonesia

    Lufthi Anggraeni - 23 Juli 2021 17:13 WIB
    YouTube Shorts Resmi Sapa Pengguna Indonesia
    YouTube secara resmi mengumumkan kehadiran Shorts di Indonesia, meski masih versi beta.



    Jakarta: YouTube secara resmi menggulirkan fitur video berdurasi singkat karyanya, Shorts, di Indonesia. Mengusung kemampuan dan tampilan serupa, Shorts merupakan fitur yang dihadirkan YouTube sebagai pesaing TikTok dan Reels milik Instagram.

    “Kami senang sekali YouTube Shorts akhirnya bisa hadir di Indonesia. Dengan fitur ini, akan mempermudah semua kreator membuat, mengedit, meng-upload, dan berbagi video dengan mudah dari handphone-nya,” ujar Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina dan Asia Tenggara di Google Veronica Utami.

     



    Fitur Shorts ini masih merupakan versi beta dan telah tersedia di aplikasi YouTube versi 16.28.36 di smartphone Android. Masih versi beta, Shorts diklaim masih akan berevolusi di masa mendatang, sesuai dengan kebutuhan kreator, penonton dan pengguna YouTube pada umumnya.

    Namun, Veronica meyakini bahwa kehadiran Shorts tidak akan mengurangi minat pengguna terhadap video berdurasi lebih panjang. Veronica menilai pengguna masih membutuhkan video dengan durasi lebih panjang untuk memenuhi kebutuhan terkait informasi atau hiburan, salah satunya saat ingin mempelajari cara memasak resep tertentu.

    Veronica tidak memungkiri fitur Shorts memiliki potensi besar untuk menjadi medium lain untuk menyalurkan kreativitas pengguna sekaligus saluran pemasaran yang dapat dimanfaatkan merek dan perusahaan.

    Sebagai informasi, fitur Shorts memungkinkan pengguna mengunggah video dengan durasi selama 15 detik hingga 60 detik. Fitur ini juga menyediakan berbagai lagu dan audio yang dapat dimanfaatkan sebagai musik latar belakang, filter, teks, dan keterangan atau caption.

    Pengguna bisa langsung menemukan menu Shorts di sisi bawah layar saat membuka aplikasi. Tepatnya berada di tengah, antara menu Home dan ikon tambah (+) untuk unggah video. Saat menu Shorts diklik, pengguna akan disuguhkan berbagai video Shorts yang sudah diunggah oleh pengguna lain dari berbagai belahan dunia.

    Tab atau halaman khusus konten Shorts ini memiliki tampilan serupa Reels dan TikTok, termasuk format video vertikal memungkinkan pengguna menggulirkan layar ke arah atas atau bawah untuk menonton lebih banyak konten.

    Pengguna juga bisa memberikan tanda suka atau Like, tidak suka atau Dislike, komentar, ataupun membagikan video Shorts ke platform lain. Di bagian bawah tampilan Shorts, pengguna disajikan tombol subscribe atau berlangganan, dan juga dapat menyimpan musik latar pada video Shorts ke favorit.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id