Google Rayakan Hari Lahir Novelis Perempuan Pertama Indonesia

    Lufthi Anggraeni - 31 Juli 2021 12:02 WIB
    Google Rayakan Hari Lahir Novelis Perempuan Pertama Indonesia
    Google merayakan hari lahir novelis perempuan pertama Indonesia, Sariamin Ismail, dengan Doodle di Search.



    Jakarta: Mengunjungi halaman pencarian Google, Search, pengguna akan menemukan bahwa logo Google kembali digantikan oleh gambar menarik yang umum ditampilkan Google untuk merayakan peristiwa khusus yang terjadi pada tanggal tersebut, yaitu Doodle.

    Pada tanggal 31 Juli ini, Google mengubah logo di halaman Search dengan Doodle bergambar perempuan berpakaian tradisional Minang, dan saat menggerakan kursor ke arah gambar, pengguna akan menemukan informasi bahwa Doodle tersebut dalam rangka memeriahkan hari lahir Sariamin Ismail ke 112 tahun.

     



    Mengklik gambar tersebut akan membawa pengguna ke halaman baru menampilkan berbagai informasi terkait Sariamin Ismail. Sebagai informasi, Sariamin Ismail merupakan penulis Indonesia yang juga novelis pertama di Indonesia.

    Sariamin lahir di Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada tahun 1909. Berdasarkan informasi ditampilkan Google Search, novel karya Sariamin kerap menggunakan nama samaran Selasih dan Seleguri, atau gabungan keduanya, Selasih Seleguri.

    Novel pertama yang dirilis Sariamin pada masa penjajahan di Indonesia atau kala itu Hindia-Belanda, berjudul Kalau Tak Untung dan diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1934. Sariamin meninggal dunia di Pekanbaru Riau pada tanggal 15 Desember 1995 lalu pada usia 86 tahun.

    Selain menulis, Sariamin dikenal aktif mengikuti kegiatan organisasi, dan dari tahun 1928 dan 1930, ia mengetuai perkumpulan pemuda islam Jong Islamieten Bond bagian wanita untuk wilayah Bukittinggi.

    Sementara itu di Padangpanjang, Sariamin mengetuai cabang SKIS dan menulis untuk majalah Soeara Kaoem Iboe Soematra, majalah yang dikelola oleh perempuan. Sariamin juga mengajar di sekolah swasta Diniyah School dan menjadi pengasuh tetap Mimbar Putri di Harian Persamaan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id