FaceApp Kini Punya Akses ke Lebih dari 150 Juta Wajah dan Nama

    Lufthi Anggraeni - 18 Juli 2019 11:06 WIB
    FaceApp Kini Punya Akses ke Lebih dari 150 Juta Wajah dan Nama
    Aplikasi FaceApp dilaporkan telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store.
    Jakarta: Aplikasi Viral FaceApp sebelumnya memberikan peluang kepada penggunanya untuk mengubah ekspresi wajah dan tampilan mereka. Kini aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengubah wajah beberapa tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

    Namun di saat bersamaan, masyarakat memberikan peluang kepada FaceApp untuk menggunakan foto dan nama mereka, untuk berbagai tujuan yang diinginkan oleh aplikasi tersebut, seperti laporan Forbes.

    Aplikasi FaceApp ini dilaporkan telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta pengguna dari Google Play. Sedangkan di iOS App Store, aplikasi FaceApp telah terdapat di daftar aplikasi teratas di 121 negara.

    Persyaratan Layanan atau Term of Service FaceApp memang menyebut bahwa pengguna masih menjadi pemilik dari konten karya mereka, dalam hal ini adalah foto. Namun, hal ini tidak menutup peluang bahwa aplikasi gratis tersebut dapat melakukan hal yang mereka inginkan kepada siapa saja.

    Hal yang berpeluang untuk dilakukan FaceApp, disebut Forbes, mungkin bukan sebagai hal yang berbahaya. Namun, foto pengguna aplikasi ini diperkirakan akan dapat digunakan sebagai alat pelatihan untuk algoritma teknologi kecerdasan buatan dalam hal pengenalan wajah.

    Belajar dari insiden aplikasi Facebook yang viral beberapa tahun lalu, data yang dikumpulkan aplikasi umumnya tidak selalu digunakan untuk tujuan yang diperkirakan pengguna. Dan data yang dikumpulkan juga tidak selalu tersimpan dengan aman dan privat.

    Setelah diunggah ke cloud, pengguna akan kehilangan kendali terkait perizinan legal untuk konten. Ini menjadi salah satu alasan sensitif terkait privasi di balik keputusan Apple membenamkan AI dalam perangkatnya.

    Hal ini juga menjadi alasan yang dapat dipertimbangkan pengguna untuk lebih waspada saat aplikasi apapun menginginkan akses dan lisensi untuk konten dan atau identitas pengguna.

    Aplikasi mungkin tidak akan melakukan kejahatan kepada konten, namun pengguna disarankan untuk tetap perlu berhati-hati saat memberikan akses terlalu banyak kepada perangkat komputasi paling pribadi yang mereka miliki.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id