WhatsApp Kuras Baterai Sejumlah Ponsel Android

    Lufthi Anggraeni - 13 November 2019 14:41 WIB
    WhatsApp Kuras Baterai Sejumlah Ponsel Android
    WhatsApp dikeluhkan sejumlah Redditor mengonsumsi daya baterai dalam jumlah signifikan.
    Jakarta: Baru-baru ini, sejumlah Redditor menyebut bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp mengonsumsi terlalu banyak daya, menyebabkan daya baterai sejumlah perangkat seperti OnePlus 6, Samsung Galaxy S10e, Galaxy S9, Google Pixel 3 dan 4 cepat habis.

    Salah satu pengguna OnePlus 6 mengeluh bahwa setelah melakukan update ke versi WhatsApp lebih baru dengan dukungan fitur Unlock With Fingerprint, ponsel menampilkan pemilik menggunakan aplikasi ini selama 1,5 jam meski dirinya belum mengakses aplikasi pada hari laporan tersebut muncul.

    Keluhan ini juga dapat ditemukan pada bagian komentar halaman WhatsApp di Google Play Store. Salah satu pengguna WhatsApp dan Redmi Note 5 menyebut bahwa daya baterai berkurang dari 74 persen menjadi 19 persen akibat aktivitas aplikasi di latar belakang.

    Banyak laporan yang menyebut bahwa WhatsApp bertanggung jawab terkait konsumsi daya baterai sebesar 30 persen atau lebih, meski saat pengguna hanya merespon satu atau dua pesan saja.

    Sejumlah pengguna mengaku dapat menanggulangi hal ini dengan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat dan kemudian menginstalnya kembali. Sedangkan pengguna lain mengklaim bahwa mengunduh versi baru WhatsApp yaitu versi 2.19.325 dapat mengatasi permasalahan ini.

    Sayangnya, pengguna lainnya menyebut mengunduh versi 2.19.325 hanya menyediakan solusi sementara sebelum aplikasi kembali menguras baterai. Sejumlah pengguna menghentikan konsumsi daya baterai berlebih ini dengan melakukan backup pada data WhatsApp, dan menghapus aplikasi dari ponsel.

    Pengguna ini kemudian mengunduh versi 2.9.291 dengan menggunakan file APK dan mengembalikan data yang telah di-backup. Setidaknya satu pengguna WhatsApp yang mengaku tidak perlu mengunduh versi lama dari aplikasi pesan instan ini.

    Satu pengguna ini mengaku melakukan backup pada data WhatsApp, membersihkan cache dan data aplikasi, dan kemudian mengunduh versi 2.19.325. Setelah mengembalikan data, permasalahan menyoal konsumsi daya baterai ini diklaimnya terselesaikan.

    Solusi paling radikal adalah dengan menghapus WhatsApp dan beralih ke platform pesan instan lainnya seperti Telegram. Pengguna dapat memeriksa konsumsi daya baterai aplikasi WhatsApp via Settings lalu Battery di perangkat Android.

    Pada menu Battery Usage Since Full Charge, pengguna akan dapat menemukan informasi terkait dengan daya baterai yang dikonsumsi WhatsApp. Jika terlalu boros, mungkin pengguna perlu mempertimbangkan solusi yang telah disebutkan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id