comscore

Susul Steam, Kominfo Cabut Pemblokiran Origin dan PayPal

Cahyandaru Kuncorojati - 04 Agustus 2022 14:07 WIB
Susul Steam, Kominfo Cabut Pemblokiran Origin dan PayPal
Platform Origin milik Electronic Arts.
Jakarta: Nama Origin dan PayPal sebagai Penyedia Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya menyusul Steam.

Kedua dinyatakan sudah dalam status normalisasi atau aksesnya sudah dibuka kembali untuk masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lain karena Origin dan PayPal sudah menyelesaikan pendaftaran yang diamanatkan dalam Menteri Kominfo Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permen Kominfo Tahun 2020 tentang PSE Lingkup Privat.
Origin adalah platform distribusi game alias penjualan game dalam format digital, serupa dengan Steam. Origin dimiliki oleh publisher game besar yaitu Electronic Arts.

Informasi normalisasi Origin sebagai PSE Lingkup Privat disampaikan Kominfo dalam pernyataan resmi yang dimuat di situs resminya.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan bahwa PSE Electronic Arts telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com," tulis situs Kementerian Kominfo.

Normalisasi disebut sudah dilakukan sejak kemarin, 3 Agustus 2022, pukul 14.00 WIB. Sayangnya informasi terkait PayPal justru belum dirilis oleh Kominfo melainkan langsung dari pihak penyedia layanan.

Corporate Affairs sekaligus Juru Bicara PayPal, Lance John mengatakan PayPal berkomitmen penuh untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di manapun perusahaan beroperasi.

"Saat ini kami telah terdaftar sebagai PSE di Indonesia, setelah berkorespondensi langsung dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia," kata John dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 Agustus 2022.

Ia mengimbau, dengan telah terdaftarnya perusahaan sebagai PSE di Indonesia, masyarakat bisa kembali melakukan kegiatan transaksi di PayPal. PayPal memohon maaf atas ketidaknyamanannya terkait berita pemblokiran perusahaan lantaran belum mendaftarkan diri sebagai PSE. 

"Pengguna PayPal dapat mengirim, menerima, dan mengakses uang mereka seperti biasa. Kami mohon maaf atas gangguan yang mungkin dialami para pengguna kami akhir pekan lalu," pungkasnya.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id