Samsung Exynos 880 Muncul, Chipset 5G 8nm

    Lufthi Anggraeni - 28 Mei 2020 16:26 WIB
    Samsung Exynos 880 Muncul, Chipset 5G 8nm
    Samsung mengumumkan SoC 5G terjangkau terbarunya, yaitu Samsung Exynos 880.
    Jakarta: Samsung mengumumkan chipset 5G terjangkau baru karyanya, yaitu Exynos 880. SoC ini dibangun pada proses manufaktur 8nm FinFET dan menggunakan CPU octa-core dengan kecepatan 1.82Ghz.

    Menyoal GPU, GSM Arena melaporkan bahwa SoC ini menggunakan GPU Mali-G76 MP5. Cap ISP pada 64MP untuk setup kamera tunggal dan implementasi ganda dapat meningkat hingga 20MP + 20MP. SoC ini juga mendukung perekaman Ultra HD pada 30fps sebagai tingkatan maksimal yang diizinkan dan resolusi FHD+ 2520 x 1080 piksel.

    Pada daftar spesifikasinya, Samsung menjelaskan bahwa SoC ini didukung memori LPDR4X dan dukungan ruang penyimpanan hingga UFS 2.1 dan eMMC 5.1. SoC ini juga terintegrasi dengan modem yang mendukung jaringan sub-6GHz 5G.

    Secara teoritis, jaringan ini memiliki kecepatan unduh hingga 2.55Gbps dan kecepatan unggah hingga 1.28Gpbs. Namun, mmWave juga tidak tersedia pada SoC terjangkau baru karya perusahaan asal Korea Selatan ini.

    Chipset ini telah memasuki proses produksi massal, sebab telah digunakan oleh Vivo Y70s yang akan diluncurkan pada 1 Juni mendatang. SoC ini disebut akan segera hadir pada lebih banyak smartphone baru di masa mendatang.

    Sebelumnya, Samsung dilaporkan masih memimpin pasar penjualan smartphone dunia pada kuartal pertama tahun 2020 ini. Meskipun demikian, pangsa pasar diperoleh Samsung mengalami penurunan, selaras dengan penurunan pasar smartphone global sebesar 13 persen.

    Laporan Counter Point menyebut meski masih menduduki peringkat pertama, Samsung hanya mengapalkan sebanyak 59 juta unit smartphone ke seluruh dunia selama kuartal pertama 2020 ini, menyebabkan pangsa pasarnya menurun dari 21 persen menjadi 20 persen.

    Sementara itu, Samsung mengumumkan varian baru dari lini Galaxy M di Indonesia, bertajuk Galaxy M11. Smartphone ini mengunggulkan sejumlah fitur seperti baterai berkapasitas 5.000 mAh, prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dan lainnya.

    Samsung Galaxy M11 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 450, diklaim mampu menyuguhkan kinerja bertenaga untuk berbagai aktivitas mobile. Selain itu, smartphone ini juga berbekal RAM 3GB, ruang penyimpanan internal 32GB dan mendukung slot microSD dengan kapasitas hingga 512GB.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id