Operator Sulap Sinyal Ponsel jadi Imbauan 'DiRumahAja'

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Maret 2020 16:37 WIB
    Operator Sulap Sinyal Ponsel jadi Imbauan 'DiRumahAja'
    Ilustrasi.
    Jakarta: Operator telekomunikasi ikut mendukung imbauan pemerintah untuk masyarakat bekerja di rumah. Cara yang unik dilakukan oleh operator seluler Telkomsel lewat sebuah kampanye "DiRumahAja".

    Setiap pengguna ponsel yang menggunakan layanan dari Telkomsel mungkin tidak menyadari hal ini. Padahal Telkomsel sudah memodifikasi nama jaringan yang muncul di sebelah indikator kekuatan sinyal di layar ponsel.

    Telkomsel memodifikasinya menjadi Tsel-DiRumahAJa. Cara yang sama ternyata juga dilakukan oleh Smartfren, netizen di Twitter mengunggah foto bahwa nama sinyal Smartfren mendapatkan penambahan kalimat "Stay Safe".

    Kedua pihak operator menyebutkan bahwa modifikais ini memang sengaja dilakukan sebagai bentuk imbauan dan kampanye agar pelanggan mereka selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan jiwanya di tengah pandemi.

    "Tulisan ini sengaja dibuat untuk mengingatkan pelanggan Smartfren agar selalu menjaga keselamatan dan kesehatan," jelas VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo.

    Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin menyatakan bahwa mereka menerapkan perubahan ini sejak 24 Maret 2020 dan belum ada rencana kapan nama jaringan yang muncul kembali seperti sebelumnya.

    Dalam konferensi pers bersama Menkominfo Johnny G. Plate disampaikan bahwa operator telekomunikas menyiagakan layanan yang ada untuk mendukung kegiatan work from home atau bekerja dari rumah termasuk pembelajaran jarak jauh.

    Pihak Telkomsel, XL Axiata, dan Tri sudah menyampaikan informas bahwa terjadi lonjakan trafik layanan data sejak imbauan work from home disampaikan Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2020.

    Menkominfo Johnny juga meminta masyarakat tidak mengakses streaming film ilegal. Alasannya, bandwidth yang disediakan operator telekomunikasi harus dmanfaatkan dengan bijak untuk kegiatan yang penting dan bukan mengakses konten ilegal yang melanggar hukum.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id